Madania Festival 2020

Madania Festival 2020


Beauty in Collaboration.

Dalam rangka mensyukuri perjalanan 24 tahun, maka Sekolah Madania menggelar Madania Festival 2020. Melalui ilmu pengetahuan dan budaya, sebagai insan pendidikan, cita-cita mempersiapkan peserta didik untuk menjadi generasi para pemimpin yang memiliki kesadaran terhadap Tuhan dan memiliki budi pekerti luhur melebur dan tercermin menjadi karakter, identitas, dan jiwa yang baru. Jiwa Madania, jiwa Indonesia.

Sekolah Madania sangat memahami dan menghargai keberagaman yang ada. Nilai-nilai keterbukaan dan saling menghormati sesama manusia diajarkan dalam kegiatan pembelajaran serta diaplikasikan oleh seluruh civitas sekolah termasuk para peserta didik. Oleh karena itu, seluruh peserta didik Sekolah Madania ditempa untuk menjadi pemimpin yang memiliki kekuatan menciptakan harmoni dalam berbagai keberagaman di dalam lingkungan sekolah, baik keberagaman dalam hal pembelajaran, kompetensi, beragama, etnis, dan budaya.

Sekolah Madania merupakan miniatur Indonesia. Harmoni di internal sekolah yang telah teguh digenggam dan berlangsung selama 24 tahun berdirinya sekolah ini perlu ditularkan kepada masyarakat.

 Tujuan kegiatan ini adalah:

  •        Menumbuhkembangkan sikap kepemimpinan;
  •        Menghadirkan sikap inklusivisme dan toleransi;
  •        Memperkuat Madania Learner Profile;
  •        Menampilkan berbagai kreasi ilmu pengetahuan;
  •        Memperkuat jiwa nasionalisme dan semangat patriotisme;
  •        Menggelar acara yang seru, bermanfaat, serta menambah pengetahuan dan wawasan tentang kemadaniaan kepada segenap pengunjung Madania Festival.

 

Deskripsi Kegiatan

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan dalam rangkaian acara Madania Festival ini merupakan upaya untuk memperkuat implementasi terhadap visi, misi, values, dan Madania Learner Profile.

 

  1.        Gerakan Madania (GeMa) Cinta

Hari / Tanggal                     : Kamis, 13 Februari 2020

Waktu                                   : 08.00-12.00 WIB

Tempat                                 : Sekolah Madania

 

Gerakan Madania (GEMA) Cinta merupakan acara sosial yang dilakukan Madania kepada masyarakat luas. Kegiatan kolaboratif  ini melibatkan siswa, guru, staff, orang tua, dan alumni. Melalui kegiatan ini, Madania ingin merangkul masyarakat di sekitar sekolah melalui kegiatan bakti sosial. Kegiatan bakti sosial ini nantinya akan hadir dalam bentuk khitanan massal.

  1.        Madania Festival

Hari / Tanggal                    : Kamis, 27 Februari 2020

Waktu                                  : 08.00-12.00 WIB

Tempat                                : Sekolah Madania

  •          Festival Budaya Agama

Keberagaman di Madania sudah menjadi ciri dan nilai yang tidak terlepas. Sikap saling menghargai dan menghormati akan terus dijaga. Begitu pula pada acara Perayaan Budaya Agama. Dalam acara ini, akan ditampilkan berbagai ragam kebudayaan di setiap agama sebagai wawasan dan pengalaman baru yang kental menjunjung kebhinekaan dan menunjukkan nilai-nilai kemadaniaan lainnya.

  •        Art Exhibition

Kegiatan art exhibition merupakan pengejawantahan dari kesadaran para peserta didik akan bentuk. Pilihan-pilihan artistik, belajar untuk meraih kematangan sikap dan kematangan teknik, serta pencarian etos keindahan adalah semacam menu pokok dalam acara ini. Dalam kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 27 Februari 2020 ini, para hadirin (publik) akan diajak menikmati berbagai jamuan karya seni peserta dari kelas 1 hingga kelas 12.

  •        Secondary School Exhibition

Kegiatan Secondary School Exhibition yang juga diselenggarakan pada 27 Februari 2019 ini adalah sebuah sikap. Dengan perkataan lain, juga merupakan sebuah artikulasi dari kegiatan berpikir ilmiah para peserta didik di kelas 9 dan 12 dalam proses pembelajarannya.

Para hadirin tidak sekadar melihat pameran hasil pembelajaran, tetapi juga menikmati suguhan presentasi karya demi karya, pendek, panjang, ikut terlibat dalam learning journey para peserta didik Madania.

  1.        Madania in Concert

Hari / Tanggal                    : Sabtu, 29 Februari 2020

Waktu                                  : 19.00 – 21.00

Tempat                                : Gedung Seni Pertunjukan Makara UI, Kampus Universitas Indonesia, Depok

Madania In Concert adalah sebuah pencapaian kualitas pembelajaran seni pertunjukkan, khususnya musik, di Sekolah Madania. Adapun setiap peserta didik berhak mengekspresikan dirinya dalam pertunjukan Madania In Concert. Dalam pertunjukan Madania In Concert terdapat beberapa komposisi musik yang apik dan penuh nilai estetik. Semuanya hasil buah karya dan aransemen dari guru-guru beserta para peserta didik yang sangat kreatif.

Inilah proses sekaligus hasil dari pembelajaran murid-murid, diantaranya adalah belajar bermain musik, memproduksi karya musik, dan aktualisasi pembelajaran diapresiasi dan mengapresiasi. Madania In Concert 2020 kali ini hadir mempersembahkan pertunjukkan seni Musik yang terangkum dalam konser musikal berjudul: “Beauty in Collaboration


Share :