Yuk, Asah Keingintahuan Kita dengan Bermain Kata

09:38:35, 04 Mei 2020 Annisa Azzahra

Pekan ini, siswa-siswa kelas 5 SD Madania masih semangat dalam mengikuti kegiatan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Kali ini mereka akan mengasah sikap rasa ingin tahu mereka tentang beberapa kata melalui teka-teki tebak kata. Hal ini bisa menjadi motivasi untuk mempelajari kosakata baru.Ya, siswa kelas 5 sedang belajar kata bersinonim dan berantonim. Mereka menentukan sinonim dan antonim setiap kata, serta diminta untuk menyusun kata-kata yang tersedia pada lembar teka-teki silang, kemudian menggunakan kata-kata tersebut menjadi kalimat yang padu. Mereka sangat antusias mencari kata-kata dalam rangkaian huruf yang tersusun tersebut.

Selain itu, untuk menumbuhkembangkan rasa ingin tahu siswa, mereka juga diberi beberapa tantangan. Pada sesi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), mereka diajak untuk menyanyikan lagu nasional “Ibu Pertiwi.” Setelah membaca ringkasan materi pendudukan Jepang di Indonesia dan mengidentifikasi mengapa Jepang datang ke Indonesia, siswa-siswa kelas 5 diminta untuk membuat sebuah poster dan mind maptentang masa pendudukan militer Jepang. Melalui Poster dan mind map ini dapat dilihat bahwa siswa-siswa kelas 5 dapat mengidentifikasi alasan dan peristiwa yang terjadi pada masa kedudukan Jepang. Selain itu, mereka dapat menemukan gambaran utuh dari perjuangan tokoh-tokoh nusantara dan rakyat Indonesia saat melawan Jepang.

Ternyata, meski belajar jarak jauh, mereka tetap paham dengan materi yang disampaikan. Semoga dengan tantangan-tantangan selama kelas PJJ ini akan menjadi sebuah motivasi siswa dalam melakukan sesuatu. Tentunya hal ini didukung juga oleh kerjasama orangtua yang mendampingi pada sesi pembelajaran tersebut. Tetap semangat anak-anak kelas 5! (Tri Mutia Rahmah


Share :