Tingkatkan Imunitas Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Virus

12:53:36, 03 April 2020 Muhamad Chori Zikrin

Di tengah ancaman sejumlah penyakit yang beredar sekarang ini, menjaga tubuh tetap sehat adalah kuncinya. Terlebih dengan pandemi Covid-19 (Virus Corona) yang melanda Indonesia, meningkatkan sistem imunitas tubuh sudah tidak boleh ditunda lagi.Menurut Kamus Kedoktran Dorland, Imunitas adalah keadaan menjadi imun; perlindungan terhadap penyakit infeksi yang diberikan oleh respon imun yang ditimbulkan oleh imunisasi atau infeksi terdahulu atau faktor non imunologis lain.

Sistem imunitas tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit. Ada beragam cara meningkatkan imunitas tubuh. Berikut beberapa langkahnya:

  1.       Rutin mengonsumsi sayur dan buah

Berdasarkan analisa Pusat Analisis Determinan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Indonesia, sayuran dan buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral dan serat pangan. Sebagian vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan dan penangkal senyawa jahat dalam tubuh. Bila rutin mengonsumsinya, sistem imunitas atau kekebalan tubuh Anda akan meningkat dan tidak mudah terserang virus penyebab penyakit.

  1.       Istirahat yang cukup

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Sangat penting untuk Anda menjaga pola tidur tetap teratur. Hasil penelitian dari National Sleep Foundation (NSF), sebuah organisasi nirlaba yang berpusat di Amerika Serikat (AS), waktu tidur ideal orang dewasa (usia 18 – 64 tahun) adalah 7 – 9 jam per hari. Sementara untuk balita usia 1-2 tahun di angka 11 – 14 jam per hari.

  1.       Pemberian vaksin

Sejumlah vaksin dirancang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk Anda yang ingin mengurangi risiko sakit flu atau influenza, dianjurkan menggunakan vaksin flu.  Vaksin ini melindungi tubuh dari serangan virus flu. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dari AS, vaksin flu dapat melindungi tubuh dari empat virus flu yang berbeda; virus flu A (H1N1), virus flu A (H3N3), dan dua virus flu B.

  1.       Rutin berolahraga

Meski Anda termasuk orang yang sibuk dengan sejumlah aktivitas, disarankan tetap rutin berolahraga. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dianjurkan olahraga mininal 30 menit perhari.

  1.       Hindari rokok

Paparan asap rokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih rentan terhadap penyakit infeksi. Seseorang yang merokok atau terkena asap rokok berisiko terkena penyakit kronis seperti jantung koroner, kanker paru, dan stroke.

  1.       Manajemen stress yang baik

Sebuah studi dari Ohio State University menunjukan stress psikologis mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dengan mengganggu komunikasi antara sistem saraf, endokrin (hormon) sistem, dan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, Anda perlu mengelola stress dengan baik agar fungsi sistem kekebalan tubuh tidak menurun.

Ayo, kita mulai selangkah lebih sehat agar terhindar dari penyakit.(Erna Putrianingsih)


Share :