Tak Perlu Panik, Lakukan 7 Hal ini untuk Persiapan Hari Pertama Masuk Sekolah

15:09:48, 10 Juli 2019 Muhamad Chori Zikrin

Hari pertama anak masuk sekolah merupakan hari yang banyak ditunggu-tunggu oleh para orang tua. Orang tua biasanya akan mengalami beberapa perasaan sekaligus pada hari tersebut,  seperti bahagia, haru, dan bahkan tak sedikit orang tua yang panik karena tidak tahu apa yang harus benar-benar dipersiapkan untuk si buah hati. Berikut kami sampaikan 7 hal yang dapat dilakukan orang tua untuk mempersiapkan anak di hari pertama masuk sekolah.

  1.        Sounding Sejak Jauh Hari

Sama seperti orang dewasa, anak-anak pun pasti akan merasa kesulitan beradaptasi di lingkungan yang baru. Maka dari itu, perbanyaklah sounding kepada anak sejak jauh hari. Jelaskanlah bahwa ia sebentar lagi akan memasuki tahap yang baru di mana ia harus mulai bersekolah  bertemu dengan teman-teman baru, mengikuti berbagai kegiatan bersama guru, dan tanpa didampingi orang tua selama beberapa jam ke depan. Katakanlah bahwa sangat wajar jika ia merasa gugup atau takut, tapi yakinkanlah bahwa ini yang terbaik untuknya dan it’s gonna be ok.

 

  1.        Persiapkan Perlengkapan Sekolah Bersama Anak

Mempersiapkan seragam sekolah, buku, tas, dan perlengkapan lainnya akan sangat menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Kegiatan ini dapat dilakukan satu hari sebelum masuk sekolah. Anak akan mengetahui bahwa orang tuanya sangat peduli dan mendukung ia bersekolah. Selain itu, hal ini juga bermanfaat untuk dilakukan agar esok harinya kita tidak terburu-buru dan khawatir akan ada barang yang tertinggal. 

 

  1.        Istirahat yang Cukup

Pastikan anak beristirahat yang cukup minimal satu hari sebelumnya agar kondisi tubuhnya fit dan sempurna untuk menghadapi hari yang baru. Jangan biarkan anak tidur larut malam sehingga esok ia dapat bangun lebih awal dan tidak terlambat masuk sekolah.

 

  1.        Buatkan Sarapan Kesukaan Anak

Sarapan merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan karena sangatlah penting untuk mengawali aktivitas sehari-hari. Sarapan akan memberi anak energi untuk mengikuti kegiatan di sekolah. Apalagi jika ia dapat sarapan makananan favoritenya, pasti ia akan senang dan semangat di hari pertama sekolahnya.

 

  1.        Berangkat Lebih Awal

Tak ada salahnya berangkat lebih awal di hari pertama masuk sekolah. Hal ini dapat dilakukan untuk menghindari padatnya jalanan dan menjaga mood anak agar tetap baik di pagi hari. Ketika sampai sekolah lebih awal, anak-anak dapat berkeliling sekolah dan berinteraksi dengan teman-temannya sebelum kegiatan kelas di mulai.

 

  1.        Berkomunikasi dengan Guru

Jika memungkinkan, orang tua dapat mengantar anak ke sekolah di hari pertama. Selain menemani anak, orang tua juga dapat berkomunikasi dengan guru. Sampaikanlah hal-hal penting yang harus guru ketahui, misalnya alergi anak terhadap sesuatu, atau hanya sekedar bersilaturahmi dan berkenalan dengan guru.

               

  1.        Ajak Anak Ceritakan Pengalaman di Sekolah

Sepulang sekolah, ajak anak untuk menceritakan pengalamannya selama berada di sekolah. Kita bisa tanya bagaimana perasaannya, siapa teman barunya, bagaimana gurunya, dan apa saja yang ia lakukan sepanjang hari. Biarkan ia bercerita dan dengarkanlah dengan seksama. Jangan lupa berikan pujian bahwa ia telah berhasil dan membuat orang tua bangga karena telah berani bersekolah. Pancinglah agar ia terus ingin kembali lagi ke sekolah esok harinya.

 

Demikian adalah 7 hal yang dapat dilakukan orang tua untuk mempersiapkan anak di hari pertama masuk sekolah. Setiap orang tua pasti akan memberikan yang terbaik dan bangga ketika anaknya telah berhasil melewati fase tertentu dalam kehidupannya. Begitu pula dengan kami. Sekolah Madania akan membantu memfasilitasi orang tua untuk memberikan yang terbaik bagi pendidikan si buah hati. Madania, a True Indonesian School for The Leaders. (Fanni Fajaraini)


Share :