Sesi Wawancara UOI

14:32:32, 30 September 2019 Muhamad Chori Zikrin

“Termasuk wilayah apa tempat tinggal Bapak/Ibu? Urban, sub-urban, atau pedesaan?”

 “Fasilitas apa saja yang tersedia di lingkungan di mana Bapak/Ibu tinggal?”

“Apakah fasilitas terfavorit Bapak/Ibu?”

“Fasilitas apa yang sebaiknya ditambahkan di lingkungan Bapak/Ibu?”

 

Pertanyaan-pertanyaan di atas adalah sebagian dari pertanyaan inkuiri yang diajukan oleh murid kelas 3 tentang fasilitas yang terdapat di lingkungan tempat tinggal guru dan staf pegawai sekolah yang menjadi interviewee. Pekan ini, murid kelas 3 SD Madania nampak bersemangat pada saat melakukan sesi wawancara UOI, karena mereka dapat menghubungkan informasi yang diperoleh dengan pengalaman mereka ketika mengunjungi daerah yang diceritakan oleh Bapak/Ibu guru dan staf.

 

Selain itu, integrasi pembelajaran teater dan musik dengan Unit of Inquiry yang sedang berlangsung dilakukan dengan kegiatan menyanyi (gerak dan musik) lagu-lagu yang menggambarkan kondisi wilayah urban,sub-urban, dan pedesaan. Murid-murid bersemangat sekali ketika berlatih menyanyikan lagu-lagu seperti Paman Datang dan Cingcangkeling yang menggambarkan nuansa pedesaan. Lagu Dangdut is the Music of My Country yang bernuanda sub-urban dan Hockey Pockey yang bernuansa urban pun tak luput dinyanyikan dengan suka ria.

 

Sementara itu, pada pelajaran Matematika siswa mengeksplorisasi perkalian bilangan. Di pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKn, murid mengulangi materi yang telah dipelajari melalui knock games dan mengerjakan lembar kerja. (Arman Stiadi)


Share :