Seminar Parenting Sekolah Madania dan Komunitas Wanoja Binangkit Bogor

13:49:52, 27 Agustus 2019 Muhamad Chori Zikrin

Madania Public Relations (26/08/2019) – “Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah.”. Membaca kutipan dari Ki Hadjar Dewantara, yang merupakan salah satu tokoh pelopor pendidikan Indonesia tersebut, pasti akan membuat kita bertanya kepada diri sendiri. Apakah kita sudah siap menjadi guru dan apakah sudah layak rumah kita menjadi sekolah bagi anak-anak kita?

 

Banyak orang bilang, tidak ada sekolah untuk menjadi orangtua. Padahal, orangtua adalah peran yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Orangtua harus selalu memperbarui ilmu dan cara mendidik anak, sesuai dengan perkembangan zaman yang selalu berubah.

 

Perkembangan globalisasi dan teknologi yang cepat merupakan salah satu contoh perkembangan zaman yang memberikan dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia saat ini. Pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari – hari sudah semakin tidak terpisahkan. Teknologi memudahkan hidup sekaligus merubah cara komunikasi, sosialisasi, bahkan orientasi dunia pendidikan hingga dunia kerja pun turut berubah.

Dari latar belakang tersebut, maka Sekolah Madania Bersama Komunitas Wanoja Binangkit Bogor menyelenggarakan Seminar Parenting dengan tema “Mendidik Generasi Berkarakter dan Inovatif yang Siap Menghadapi Tantangan Perekonomian Global”, Rabu (28/08/2019) pukul 08.00 – 11.00 WIB bertempat di Gedung Afrika, Sekolah Madania.

 

Beberapa hal yang akan dibahas dalam seminar ini adalah gambaran umum mengenai era disrupsi atau revolusi industri keempat, tantangan – tantangan yang akan dihadapi dan dampaknya terhadap perekonomian maupun pendidikan; gambaran umum mengenai kualitas – kualitas kewirausahaan yang perlu dikembangkan sejak dini; gambaran mengenai manfaat mengenalkan kualitas kewirausahaan kepada anak – anak sejak dini, serta gambaran langkah – langkah nyata Sekolah Madania untuk memfasilitasi pendidikan anak yang berorientasi pada pengembangan karakter dan inovasi terutama berkaitan dengan pengembangan kualitas kewirausahaan pada diri anak.

Seminar terbagi menjadi tiga materi. Pertama, materi Mendidik Generasi Berkarakter dan Berpengetahuan, akan dipaparkan oleh Susi Suciatiningsih (Madania Primary School Principal), kemudian materi Menjadi Entrepreneur yang Berkarakter, akan dipaparkan oleh M. Wahyuni Nafis (Madania School Director); dan yang terakhir adalah materi Menyiapkan Generasi yang Mampu Menjawab Tantangan Global, akan dipaparkan oleh Komarudin Hidayat (Founder of Madania School).

Dengan diadakannya seminar ini, diharapkan dapat memperkuat nilai – nilai karakter dan inovasi dalam proses pembelajaran dan pengasuhan; memberikan kesempatan untuk saling berbagi dan bertukar informasi antara sekolah dan keluarga/orangtua; membantu untuk menyelesaikan permasalahan di lapangan terkait dengan proses pembelajaran dan pengembangan keterampilan anak; serta untuk menjembatani komunikasi antara sekolah dan orangtua untuk mengembangkan potensi anak.

 

Public Relations Office

Sekolah Madania

Perum Telaga Kahuripan, Kemang

Bogor​ 16330​, Jawa Barat, ​Indonesia

Telp: ​+62-​251-8602777​ ekt 107; Fax: +62-251-8604777


Share :