Sang Juara di Masa Pandemi

11:02:56, 16 Februari 2021 Annisa Azzahra

Di masa pandemi, masyarakat banyak menghabiskan waktu di rumah. Kegiatan yang biasanya dilakukan seperti olahraga pun sering dilupakan, padahal sangat penting. Tidak hanya itu, kegiatan olahraga bersama juga menjadi sulit dilakukan. Terutama bagi para siswa atlet yang harus libur berkompetisi. Oleh karena itu, OSIS SMA Madania menghadirkan Online Tournament sebagai salah satu rangkaian Madania Festival 2021 dengan slogan “Sang Juara di Masa Pandemi”. Acara bertema olahraga ini dilaksanakan secara daring dan diisi dengan perlombaan baseball, basket, serta webinar dalam jangka waktu satu minggu.

Rangkaian acara dimulai pada tanggal 6 dan 7 Februari 2021 dengan penyelenggaraan lomba basket dan baseball sebagai kontribusi untuk acara Madania Festtival dan tentunya aktivitas yang dapat menyegarkan kembali tubuh dan pikiran di tengah pandemi. Peserta berasal dari berbagai sekolah dan berkumpul di acara ini untuk melatih sportifitas dan pengetahuan mereka seputar olahraga basket atau baseball.

Basketball Tournament menghadirkan permainan basket yang berbasis daring. Pada turnamen ini, permainan basket dimainkan dengan format dan peraturan yang serupa dengan permainan basket pada umumnya, namun permainan bentuk daring. Turnamen dimainkan oleh empat tim, dimana satu tim akan terdiri dari tiga orang yang di moderator oleh pihak OSIS SMA Madania. Nama dari keempat tim tersebut adalah Boykok, The Three Blazer, N1NE, dan Dawei Warriors. Setiap anggota dari tim tersebut terlihat bersemangat mengerjakan soal-soal dari permainan yang diberi. Mereka juga mengikuti aturan dan prosedur yang telah ditentukan oleh pihak OSIS SMA Madania dengan cakap. Pemenang dari perlombaan basket ini diumumkan di hari kedua, 7 Februari 2021 dengan Dawei Warriors sebagai juara satu, Boykok juara dua, dan The Three Blazers sebagai juara ketiga.

Tidak jauh berbeda dari Basketball Tournament, Baseball Tournament menghadirkan permainan baseball berbasis daring yang dimainkan dengan format dan peraturan yang sama, namun dikemas dalam bentuk cerdas cermat. Turnamen ini dimainkan oleh empat tim, dimana satu tim akan terdiri dari sembilan orang. OSIS SMA Madania bekerja sama dengan Garuda Baseball and Softball Club sebagai pihak yang membuat konsep permainan serta pertanyaan untuk cerdas cermat. Selain itu, moderator dari turnamen ini juga berasal dari pihak Garuda, tetapi pihak OSIS SMA Madania menyediakan cadangan ganti juga.

Pada tanggal 10 Februari 2021, webinar dilaksanakan berjudul “Sang Juara di Masa Pandemi” yang membahas pola hidup sehat di masa pandemi dan perjalanan karir seorang atlet hingga dapat meraih gelar juara. Dr. Vikie Nouvrisia Anandaputri, M.Gizi, SpGK. (Tenaga Kesehatan), Pruistin Ramadhan (Atlet Alumni Madania), dan Hadi Nur Muhammad (Atlet Asian Games Baseball) merupakan narasumber yang hadir di acara webinar ini. Tentunya masing-masing dari mereka memiliki ceritanya sendiri. Mereka memberikan banyak informasi yang dapat membuka jendela lebih lebar dan melihat hal dari sisi yang berbeda. Beragam cerita tentang hal-hal yang pernah masing-masing dari narasumber tersebut  alami sangatlah inspiratif. Mereka tidak malu-malu untuk berbagi cerita dan memberikan motivasi bagi penonton.

Sebagai penutup dari acara Online Tournament, lanjutan dari perlombaan baseball berlangsung pada tanggal 12 Februari 2021. Perlombaan di hari ini disiarkan secara langsung melalui YouTube, sehingga banyak orang yang menyemangati para peserta di kolom komentar. Walaupun terbatasi oleh layar, dapat terlhat bahwa para peserta sangat semangat mengikuti acara ini dengan menunjukkan usaha terbaik mereka demi memenangkan perlombaan ini. Pemenang diumumkan di hari yang sama, yaitu Garuda Garis sebagai juara pertama, Garuda Merah juara kedua, dan Red Bulls juara ketiga. Tidak hanya pemenang saja, tetapi di perlombaan ini juga terdapat penghargaan untuk MVP, Gold Bat, dan Gold Glove. Januardha Valerio Itta dari tim Garuda Garis mendapatkan penghargaan sebagai MVP, Muhammad Fathir Athalla dari Garuda Merah sebagai Gold Bat, dan Anindya Prawiradja dari 9 Luar Binasa sebagai Gold Glove. (Sekar Rania Lituhayu)


Share :