REINKARNASI

08:26:02, 15 Maret 2017 Administrator

Madania News Edisi 16/XI/2016-2017 - Pada hari Rabu, 16 November 2016, OSIS SMA Madania menyelenggarakan sebuah acara yaitu Reinkarnasi (Kreasi Kawula Muda dalam Karya Seni). Reinkarnai merupakan sebuah acara yang diadakan untuk membangun semangat siswa-siswi dan memotivasi mereka untuk membuat proyek dalam dunia seni yaitu kabaret (kelas 10), iklan layanan masyarakat (kelas 11) dan film pendek (kelas 12). Dalam acara Reinkarnasi, karya yang sudah disiapkan oleh masing-masing kelas ditampilkan.

Tahun ini Reinkarnasi diselenggarakan di Gedung Budaya, setelah jam makan siang. Gedung Budaya Madania sudah terhias dengan dekorasi bertema “Indonesia Bisa” yang cukup meriah dan meja juri sudah disiapkan untuk menilai pertunjukan.

Acara dimulai dengan pembukaan. Setelah itu, mulailah penampilan dari kelas 10 dan 11. Karya kelas 10 dan 11 diperlihatkan dengan cara bergilir. Kabaret kelas 10 bertema ‘Sastra Indonesia’. Berbagai cerita pun dimodifikasi untuk menjadi kabaret. Pertunjukan yang dilakukan sangat menarik dan menghibur. Cerita-cerita yang ditampilkan juga mengandung berbagai nilai. Persiapan yang telah dilakukan dengan baik juga membantu membawakan cerita, dari kostum sampai properti.

Iklan layanan masyarakat karya kelas 11 ynag ditayangkan juga tidak kalah dalam menyampaikan sebuah pesan. Iklan yang dibuat oleh setiap kelas beragam dalam makna dan tema. Ada iklan mengenai menjalani ibadah, mencintai Indonesia, dan masih banyak lagi.

Siswa-siswi duduk berdasarkan kelas sambil melihat pertunjukan. Sayangnya, kelas 12 tidak dapat mengikuti acara ini karena sudah berencana melakukan kegiatan lain. Film pendek karya mereka yang bertema ‘Sejarah’ ditayangkan di setiap kelas. Semua film yang disediakan menarik dan menggambarkan sejarah dari berbagai macam sudut pandang. Ada yang menceritakan sejarah Indonesia, sejarah dalam pertemanan, bahkan sejarah sebuah benda.

Yang membuat acara Reinkarnasi seru, selain semua karya, juga adanya penilaian atas karya tersebut. Karya yang sudah dibuat merupakan sarana pengambilan nilai proyek. Selain itu, karya tersebut juga dilombakan dengan berbagai macam kategori. Ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa-siswi dalam melakukan proyek tersebut dan menumbuhkan nasionalisme.

Jadi begitulah acara Reinkarnasi tahun ini. Seru juga kan?

Sampai jumpa di acara Reinkarnasi berikutnya! 


Share :