Pesan Persaudaraan dari Sekolah Madania

12:28:13, 17 Agustus 2017 Himawari

Sekolah Madania selalu memiliki cara yang unik dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Hal itu karena setiap peringatan yang dilaksanakan dari tahun ke tahun ini, senantia membawa pesan dan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai Madania serta nilai kepemimpinan kepada para muridnya.

Selain menyelenggarakan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh guru, staf, murid, dan orangtua murid, pada peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke 72 tahun ini, Sekolah Madania menggelar performance murid dan pemutaran film pendek dengan judul Kitorang Basaudara. Acara performance murid dan pemutaran film pendek, dipusatkan di Multi Purpose Hall (MPH) setelah penyelenggaraan upacara bendera di lapang Gedung America.

Performance yang melibatkan murid Primary dan Secondary ini, menampilkan kisah WR Supratman ketika menciptakan lagu Indonesia Raya. Pertunjukan tersebut disajikan secara atraktif dengan melibatkan para penonton. Pada pertengahan pertunjukan, penonton diajak untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza.

“Syairnya bagus sekali, merinding saya mendengarnya,” ujar seorang penonton yang merupakan orangtua Murid Madania, setelah turut menyanyikan Indonesia Raya 3 Stanza tersebut, Kamis (17/8).

Indonesia Raya 3 Stanza memang jarang sekali dibawakan. “Kita mengenal lagu kebangsaan ini, pada umumnya hanya satu stanza, dan pada kenyataannya, masih ada lagi dua stanza lainnya yang syairnya begitu mendalam,” kata Head of Educational Services, Bapak Abdul Aziz Wahyudi, beberapa hari sebelum pertunjukan.

LihatUpacara Peringatan HUT RI ke-72 Sekolah Madania

Adapun acara pemutaran film pendek Kitorang Basaudara, dikurasi oleh sutradara yang juga merupakan orangtua murid Madania, Ibu Nia Dinata. Film ini mengisahkan seorang pemuda Papua yang kuliah di Yogyakarta, tetapi susah mencari tempat kost. “Orang-orang papua itu di sana susah sekali mencari tempat kost. Akhirnya mereka memilih tinggal di asrama, tetapi semakin lama, mahasiswanya terus bertambah dan semakin overload. Inilah yang menjadi perhatian Ninndi Raras, sutradara film ini,” kata Nia Dinata saat diskusi film tersebut.

Pesan persaudaraan dalam keberagaman berkumandang dalam rangakaian peringatan kemerdekaan ke 72 tahun RI ini. (Adam Hermawan)


Share :