PERKEMAHAN SEN PERSEN

07:57:30, 06 Desember 2019 Muhamad Chori Zikrin

Tak hanya belajar di dalam kelas siswa berkebutuhan khusus juga membutuhkan kegiatan di luar kelas salah satunya adalah kegiatan PERSEN (perkemahan SEN).

Dalam pelaksanaannya kegiatan PERSEN banyak dilakukan di luar kelas. Aktivitasnya pun dikemas dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, terarah dan praktis.

Pada tanggal 22-23 November departement SEN-U mengadakan kegiatan PERSEN yang tujuan dan manfaatnya adalah sebagai berikut

  1.        Melatih Anak untuk Mandiri

Melalui kegiatan PERSEN, siswa-siswi dilatih dengan berbagai aktivitas yang jauh dari rumah dan tidak melibatkan orangtua. Siswa diajak untuk mempraktikkan pembelajaran yang telah diterimanya di kelas , seperti memasak, mencuci, merapikan pakaian, dan mandi secara mandiri.

  1.        Melatih untuk Lebih Disiplin

Semua siswa-siswi yang mengikuti PERSEN harus mengikuti seluruh rangkaian acara dari awal hingga akhir, mulai dari kegiatan beribadah, olahraga, braingym, mandi, sarapan hingga tidur kembali. Dari rangkaian kegiatan tersebut seluruh siswa harus mengikuti setiap kegiatan sesuai dengan jam dan tempat yang telah ditentukan.

  1.        Belajar bekerjasama

Dengan kegiatan berkelompok siswa-siswi diajak bekerjasama dengan teman sekelompoknya. Ada pembagian tugas dari tiap siswa yang harus dipahami setiap siswa . Pada moment ini siswa belajar untuk menahan ego, belajar bersosialisasi demi kegiatan bersama hingga belajar untuk memecahkan masalah bersama-sama.

  1.        Mampu meningkatkan rasa kepedulian

Kegiatan yang dilakukan pada PERSEN juga bisa meningkatkan rasa kepedulian siswa. Siswa dilatih untuk saling berbagi jika mempunyai makanan atau minuman yang dibawanya dari rumah.  Selain berbagi siswa juga dilatih untuk selalu mengingatkan antar teman jika ada bekas bungkus makanan yang tidak di buang ke tempat sampah.

  1.        Kreatif

Melalui kegiatan ini siswa diajak untuk kreatif membuat kerajian dari barang-barang bekas, seperti stik es krim yang di rangkai menjadi tempat pensil yang cukup indah dan menarik.

 

Jadi, yuk dukung siswa-siswi kita untuk mandiri dan peduli. (Chahyo)


Share :