Penyimpangan Hukum Mendel

10:24:48, 25 November 2019 Annisa Azzahra

Minggu ini siswa kelas 12 IPA sedang mempelajari sub topik interaksi gen sebagai salah satu bahasan dalam topik pewarisan sifat . Siswa mengamati berbagai macam jenis persilangan makhluk hidup dengan hasil akhir berbeda dari persilangan hukum Mendel 1 dan 2. Adanya perbedaan dalam hasil akhir pada penentuan jenis dan perbandingan hasil fenotip itulah maka berbagai fenomena persilangan t yang terjadi disebut telah mengalami interaksi gen atau terjadi penyimpangan hukum mendel.

Sumber : https://www.myensi.com/2018/04/penyimpangan-semu-hukum-mendel.html

Munculnya variasi warna pada buah labu, bunga mawar dan umbi lapis menandakan telah terjadinya pewarisan sifat dengan jenis epistasis dominan pada berbagai tumbuhan tersebut. Adanya pengaruh gen resesif “cc” yang menyebabkan rambut tikus berwarna albino merupakan bukti terjadinya pewarisan sifat dengan jenis epistasis resesif. Fenomena tersembunyikannya warna ungu Bunga Linaria marocana karena tidak dijumpainya dua gen dominan adalah jenis interaksi gen yang disebut dengan Kriptomeri. Diperolehnya hasil akhir persilangan keturunan kedua dengan genotip heterozigot pada biji gandum dengan perbandingan merah 15 : 1 putih adalah jenis interaksi gen yang disebut Polimeri. Interaksi gen komplementer terjadi pada bunga Lathyrus odoratus menambah terjadinya penyimpangan hukum mendel 2 dengan hasil perbandingan fenotip 9 : 7.  Variasi bentuk jengger / pial pada ayam juga bukti terjadinya interaksi gen yang disebut dengan Atavisme dimana dari hasil perkawinan ayam jengger “rose” dan jengger “pea” diperoleh salah satunya ayam jengger “walnut”  dan dari perkawinan dua jenis ayam berjengger walnut diperoleh jenis baru yaitu ayam dengan jengger “single”.

Dalam kegiatan pembelajaran di atas selain siswa mempelajari berbagai konsep penurunan sifat  fenotip , siswa juga berlatih mengerjakan berbagai soal latihan UN, USBN & SBMPTN berkaitan dengan materi tersebut. Kemampuan analisis siswa diasah dalam menyelesaikan soal – soal latihan berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) sebagai salha satu cara siswa memperoleh kemampuan abad 21 yaitu 4C (Communication, Collaborative, Critical Thinking & Creativity). (Budi Purwanto)


Share :