Milenial Asyik Tanpa Sampah Plastik

14:49:57, 30 September 2019 Muhamad Chori Zikrin

Pada 21 September 2019, diperingati sebagai International World Clean Up Day. Ajang ini merupakan ajang bersih-bersih terbesar di dunia karena dilaksanakan secara serentak di 157 negara. Indonesia tidak luput menjadi salah satu negara yang ambil bagian dari event ini.

Seperti wilayah-wilayah lain di Indonesia, Kabupaten Bogor ikut menginisiasi gerakan World Clean Up Day pada tanggal 21 September di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Peserta yang hadir terdiri dari berbagai macam latar belakang: mahasiswa, pelajar, komunitas independen, sampai perwakilan perusahaan kecil maupun besar. Semua berkumpul di Pakansari dengan mengusung satu misi yaitu membersihkan area stadion dari sampah plastik.

Sekolah Madania tentu saja tidak ingin ketinggalan ajang tahunan ini. Selain untuk menunaikan kewajiban community service yang merupakan salah satu syarat kelulusan SMP dan SMA, kegiatan ini sejalan dengan nilai well-balanced life yang merupakan salah satu profil dalam Madania Learner Profile. 22 murid Lower Secondary dan 20 murid Higher Secondary hadir di Pakansari, mulai dari pukul 6 pagi sampai 11 siang.

World Clean Up Day Kabupaten Bogor 2019 diisi dengan berbagai macam aktivitas di antaranya adalah GPS (Gerakan Pungut Sampah), begal plastik, flash mob, orasi, pembacaan puisi, sampai aksi teatrikal. Sekolah Madania ambil bagian dalam GPS (Gerakan Pungut Sampah) di area sekitar Stadion Pakansari dan Jalan Raya Pemda. Teriknya matahari tidak mengurangi semangat relawan-relawan muda dari Madania. Sampah plastik diambil dari jalan raya, trotoar, hingga got-got di sepanjang jalan. Sampah-sampah ini kemudian dikumpulkan untuk nantinya diolah sebagaimana mestinya.

Melalui kegiatan World Clean Up Day 2019 kami belajar banyak hal, di antaranya bagaimana menumbuhkan kesadaran bahwa sampah sekecil apapun memiliki andil yang besar terhadap lingkungan. Kesadaran untuk memiliki lingkungan yang bersih, sehat, dan bebas sampah plastik harus dimulai dari diri sendiri, untuk kemudian ditularkan kepada orang lain. Lakukan apa yang bisa kita lakukan. Sekecil apapun usaha kita untuk menjaga lingkungan dari sampah plastik, sebetulnya kita sudah berkontribusi besar bagi dunia yang lebih baik.

Mari, bersama- sama kita jadi milenial yang asik tanpa sampah plastik! (Davina Sintiadewi)


Share :