Menggambar Alam Benda

13:07:36, 20 Maret 2020 Annisa Azzahra

Menggambar bentuk atau disebut juga menggambar alam benda adalah kegiatan menggambar objek benda dengan tepat seperti keadaan benda yang sebenarnya, menurut arah pandang dan cahaya yang ada berdasarkan pada prinsip dan kaidah seni rupa. Gambar bentuk dibedakan dalam dua unsur bentuk benda yaitugeometris (bentuk benda beraturan dan dapat diukur) dan nongeometris(bentuk benda tak beraturan atau bebas).

Ketika kita menggambar objek benda ada beberapa aspek yang harus diperhatikan diantaranya adalahproporsi, bentuk, tekstur, warna,dan gelap terangnya, juga teknik arsir karena semua berkaitan erat dengan karakteristik maupun kesan dimensi yang akan terbentuk dari hasil gambarnya.

Dalam menggambar bentuk ada banyak teknik arsir yang dikenal, tetapi yang populer dan sering diaplikasikan yaitu teknik arsir hatching (arsiran satu arah) dan cross hatching (arsiran silang).Teknik arsir sendiri adalah suatu teknik menggambar yang dilakukan dengan cara merepetisikan atau mengulang-ulang goresan pensil pada suatu bidang kosong untuk menyempurnakan gambar yang telah dibuat.

Menggambar bentuk atau menggambar alam benda menjadi materi ujian praktek kelas sembilan ACE-art pada pekan ini, kegiatan ini bertujuan untuk mengukur tingkat penguasaan teknik siswa dalam mempelajari seni rupa khususnya materi menggambar. Objek gambar yang sengaja dipilih adalah alat musik jimbe diatas lipatan draperi kain hitam. Pola jalinan tali yang mengikat membran kulit jimbe cukup sulit untuk digambar sehingga objek ini memiliki tantangan tersendiri bagi para siswa.

Para siswa terlihat fokus mengamati detail pola jalinan tali dan juga ornamen ukiran yang menghiasi alat musik tersebut untuk dipindahkan diatas media kertas. Tidak hanya sampai pada proses sketsa objeknya saja tapi mereka juga harus mengarsirnya dengan detail. Tidak hanya pola jalinan tali dan ornamen tetapi menggambar lipatan-lipatan draperi juga membutuhkan kesabaran dalam mengarsir agar karakter kain terlihat realistik dan indah. (Dwi Rustanto)


Share :