MAT Biola: Belajar Tiga Teknik Dasar

08:30:48, 10 November 2017 Himawari

MadNews Edisi 10/IX/2017-2018 - Biola merupakan salah satu alat musik gesek yang sering digunakan dalam grup orkestra. Cara memainkannya butuh kesabaran yang ekstra, karena banyak hal yang harus dipelajari di dalamnya dan membutuhkan waktu yang cukup lama hanya untuk bisa membunyikan biola dengan benar.

Siswa–siswi kelas 7 yang baru memilih kelas MAT String sedang mempelajari dasar-dasar memainkan biola. Yang pertama adalah mempelajari teknik memegang bow (penggesek senar). Untuk mendapatkan teknik bowing yang benar, siswa diberikan pemahaman tentang penempatan jari-jari dengan menggunakan tangan kanan. Pemain biola tidak bisa asal-asalanmemegang bow karena berhubungan dengan kualitas intonasi (ketepatan nada) dan timbre (warna) suara biola.

Dasar yang kedua, adalah cara memegang biola. Untuk mendapatkan teknik ini, siswa membutuhkan kekuatan untuk menahan biola dalam waktu yang cukup lama. Sebagai pemula tentu siswa akan mendapatkan rasa sakit, dan pegal pada bagian pundak dan leher. Untuk menghilangkan itu semua, dibutuhkan latihan yang konsisten dan fokus dengan tidak mengubah teknik. 

Ketiga adalah teknik fingering (menekan senar untuk memainkan nada nada). Pada teknik ini, siswa membutuhkan telinga yang baik untuk mendengar nada, dan perkiraan menekan senar dengan jari di tangan kiri dalam menekan nada, karena pada biola tidak terdapat tanda sebagai patokan nada yang ingin dimainkan. Oleh karena itu, alat ini benar–benar alat yang membutuhkan kepekaan rasa  yang sangat baik dari segi musikalitas. Ketika Anda mendapatkan teknik–teknik memainkan violin dengan benar, maka Anda akan merasakan bunyi yang dihasilkan. Begitu mendalam!!! (Samsi M. Zein)

 


Share :