Mari Membangun Karakter Anak Bangsa dengan Semangat Kemerdekaan

11:51:54, 21 Agustus 2019 Muhamad Chori Zikrin

Tanggal 17 Agustus yang ditetapkan sebagai hari kelahiran bangsa Indonesia menjadi sebuah momen untuk memupuk rasa nasionalisme generasi muda bangsa Indonesia. 74Tahun bukan waktu yang singkat untuk berkembang, dapat dipahami bahwa pascakemerdekaan sifat nasionalisme rakyat Indonesia harus dipertahankan dalam rangka mencegah perpecahan yang berdiri dalam Bhineka Tunggal Ika. Kita sebagai anak bangsa sebaiknya turut berusaha untuk menghormati hari kemerdekaan dengan cara yang beragam, salah satunya adalah dengan berbagai kegiatan yang mengandung pendidikan karakter. Dengan semangat kemerdekaan, diharapkan kita menjadi anak bangsa yang mempunyai moral, saling menghargai, tenggang rasa dan bergotong royong.

Ada nuansa yang berulang pada tanggal 17 Agustus di setiap tahunnya, yakni pelaksanaan upacara bendera. Pada Sabtu, 17 Agustus 2019 di Lapangan Amerika, Sekolah Madania juga mengadakan upacara bendera yang dihadiri oleh  murid kelas 4 s.d. kelas 12, guru, karyawan, dan sejumlah orang tua siswa.Hal ini dilakukan dengan tujuan memupuk rasa nasionalisme generasi muda anak bangsa Indonesia. Akan tetapi, kemeriahan penyelenggaraan upacara tahun ini tidak lepas dari kontribusi luar biasa dari para anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Sekolah Madania. Paskibra Sekolah Madania yang mengenakan seragam putih rapih dengan peci berhias simbol negara sekali lagi menunjukkan rasa bangga dan cintanya terhadap tanah air. Semua pun yang menyaksikan terlihat larut dalam khidmat penuh syukur atas diperingatinya hari ulang tahun Ibu Pertiwi tahun ini.

Ada yang menarik dari amanat upacara 17-an kali ini, Bapak M. Wahyuni Nafis selaku pembina upacara mengangkat tema membangun karakter bangsa melalui olah pikir, olah hati, olah raga, olah rasa dan olah karsa. Sebagai salah satu sekolah perintis pendidikan berkarakter, tentu tema ini sangat berhubungan dengan apa yang terjadi di masyarakat pada saat ini. Sekolah Madania berusaha keras agar lulusan sekolah ini memiliki semangat nasionalisme, supaya kelak mampu menjadi pemimpin masa depan yang berintegritas dan berintelektual tinggi dengan karakter yang kuat.

Semangat membangun karakter anak bangsa pada hari kemerdekaan ini dicerminkan ke dalam berbagai ragam rangkaian acara sekolah. Di antaranya adalah upacara bendera, potluck makan bersama guru dan murid, pertunjukan teater kemerdekaan di MPH dan terakhir adalah kegiatan lomba di lapangan. Tidak lengkap rasanya memperingati hari kemerdekaan tanpa adanya perlombaan. Sama halnya dengan tempat lain, Sekolah Madania turut menyelenggarakan serangkaian perlombaan. Sekolah Madania bekerja sama dengan OSIS menyelenggarakan berbagai macam perlombaan tradisional. Di antaranya adalah lomba tarik tambang, estafet bendera, paku balon, balap karung, air bola, sambung sarung dan sebagainya. Semua siswa mengikuti perlombaan dengan antusias dan penuh semangat. Perlombaan ini diadakan dalam rangka mengajarkan anak untuk memiliki tekad dan semangat juang untuk mencapai tujuan, membangun tenggang rasa dan gotong royong pada anak.

Meskipun rangkaian acara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia tidak dilaksanakan dengan waktu yang lama, namun diharapkan segenap keluarga besar Sekolah Madania bisa meresapi inti dari kegiatan pada hari ini. Masalah boleh datang dan pergi, pemimpin boleh silih berganti, tetapi semangat kemerdekaan tidak boleh lenyap dari jiwa kita, karena kita adalah anak bangsa Indonesia yang memiliki karakter kuat dan integritas yang tinggi. Semangat untuk Indonesia yang lebih baik! (Seli Mauludani)


Share :