Mari Kita Lakukan Percobaan Sederhana

09:48:26, 21 Agustus 2019 Annisa Azzahra

Pernahkah kamu mendengar kata percobaan? Percobaan atau yang biasa disebut dengan eksperimen merupakan serangkaian tindakan dan pengamatan yang dilakukan untuk menguji sebuah hipotesis atau mengenali hubungan sebab akibat pada suatu gejala. Tentunya, kita pernah melakukan percobaan baik secara sadar maupun tidak. Percobaan yang telah dilakukan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kali ini merupakan percobaan yang sederhana. Pekan ini, kelas 9 SMP Madania mendapatkan materi mengenai teks laporan percobaan sederhana. Sebetulnya, penggunaan kaidah bahasa dan aturan sistematis pada teks laporan percobaan dirasa sedikit rumit. Hal ini mengakibatkan rendahnya minat siswa pada pembelajaran tersebut. Maka dari itu, dibutuhkan strategi yang jitu untuk membangkitkan semangat dan inspirasi mereka dalam pembelajaran. Strategi tersebut terletak pada kegiatan percobaan itu sendiri, jadi siswa-siswi kelas 9 secara berkelompok diperbolehkan untuk memilih dan menyiapkan alat bahan sendiri untuk percobaan masing-masing agar mereka merasa layaknya menjadi seorang peneliti.

 

Pada pembelajaran kali ini, siswadisadarkan bahwa melakukan percobaan adalah hal yang sangat penting dan menyenangkan. Selanjutnya, setiap siswa secara berkelompok melakukan percobaan di laboratorium dengan berbagai proses dan kendala yang dihadapi. Setiap kelompok diberikan tugas untuk menentukan judul, tujuan dan manfaat dari kegiatan percobaan tersebut. Setelah itu, setiap kelompok wajib membuat hipotesis dan menemukan teori yang sesuai dengan percobaan tersebut. Selanjutnya, setiap kelompok wajib memastikan bahwa alat dan bahan mereka sudah lengkap dan siap untuk melakukan percobaan sesuai prosedur yang sudah ditentukan. Siswa secara berkelompok melakukan percobaan dengan proses yang harus direkam dan disimpulkan. Kemudian, mereka menuliskan hasil dan membuat sebuah kesimpulan dari percobaan tersebut. Setiap kelompok harus bisa memberikan argumen mengenai percobaan mereka, layak atau tidaknya untuk dicoba oleh orang lain.

 

Siswa merasakan keseruan dan kebersamaan dalam kegiatan tersebut. Pada saat praktik melakukan percobaan, setiap siswa yang tergabung di dalam kelompok melakukan tugasnya masing-masing dengan baik.Pada pertemuan berikutnya, setiap kelompok membuat display yang berisikan teks laporan perscobaan dengan struktur yang lengkap.  Setelah itu, mereka mempresentasikan hasil percobaan tersebut yang terlampir dalam bentuk display. Siswa yang lain menyimak presentasi tersebut kemudian bertanya mengenai kendala, proses dan hal menarik apa saja terkait dengan percobaan mereka. Semoga pembelajaran kali ini bermanfaat dan dapat membangkitkan semangat mereka dalam membuat karya yang sistematis dan berstruktur. Amin.(Seli Maulidani)


Share :