MARI BERCERAMAH

10:10:44, 25 November 2019 Muhamad Chori Zikrin

Apakah kalian senang mendengarkan ceramah? Apa yang dimaksud dengan ceramah? Ceramah adalah jenis komunikasi di depan umum yang berisi penyampaian suatu informasi, pengetahuan, dan sebagainya. Ceramah merupakan bentuk berbicara di depan umum yang lebih menekankan pada penyampaian informasi daripada bujuk-membujuk. Oleh karena itu, setelah mendengarkan ceramah, pendengar diharapkan dapat memperoleh informasi yang berguna bagi pengetahuan dan pemahaman tentang topik tertentu.

Pekan ini siswa kelas 11 belajar membuat teks ceramah dan menyampaikan ceramah tersebut secara individu di depan kelas dengan menggunakan metode ekstemporan. Metode ceramah terbagi menjadi: impromtu yakni metode ceramah tanpa persiapan, menghafal, membaca naskah, dan ekstemporan yakni metode ceramah yang menuliskan pokok-pokok pikiran sebagai catatan pengingat. Topik yang dipilih bebas berdasarkan fenomena atau isu aktual tetapi tidak menyinggung suku, agama, ras, dan antargolongan.

Beberapa topik yang dijadikan bahan ceramah siswa seperti: dampak penggunaan media sosial, pesona Indonesia, olahraga, pertemanan, dampak gosip, dan lain sebagainya. Siswa juga belajar untuk menanggapi ceramah dengan memberikan penilaian penampilan siswa lain. Aspek penilaiannya yaitu: penguasaan materi, kejelasan lafal, ekspresi penyampaian, kreativitas penyampaian, dan kepercayaan diri. Siswa dengan antusias dan percaya diri menyampaikan ceramahnya di depan kelas dengan gaya mereka masing-masing. (Astri Fitri Sulistiowati)


Share :