Manusia Berakhlak, Stop Hoaks

08:19:50, 24 September 2019 Annisa Azzahra

Hi, Sobat Madania, berjumpa lagi. Kali ini, kita akan berbagi pengalaman tentang kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8. Apa sih kegiatan pembelajaran bahasa Indoensia kelas 8 pekan ini?

Pekan ini, kelas 8 sedang melaksanakan tes menyimak dan menulis berita. Jadi, Sob, mereka menyimak tiga buah berita tentang prestasi tiga siswa SMA peraih penghargaan internasional, prestasi tim paduan suara di Swedia, dan juga polusi di Jakarta. Nah, setelah menyimak ketiga berita tersebut, selanjutnya mereka harus menyusun teks berita menggunakan redaksi sendiri. Berita yang disusun harus memenuhi kriteria unsur-unsur berita dan struktur berita. Bagaimana, menarik dan menantang, ‘kan tesnya?

Oiya, tujuan pelaksanaan tes ini agar sobat Madania terbiasa meringkas ataupun merangkum peristiwa kemudian menyampaikannya secara perinci kepada khalayak ramai sebagai informasi yang bermanfaat. Dengan berlatih menyampaikan informasi yang benar, maka Sobat Madania telah berlatih bertanggung jawab. Selain itu, Sobat Madania juga dapat membedakan mana informasi berupa berita dan mana hoaks, sehingga Sobat Madania menjadi manusia unggul dan berakhlak karena tidak menyebarkan hoaks.

Sobat, nanti kita lanjutkan lagi reportase kegiatannya, ya. Pada pertemuan selanjutnya kita bahas kegiatan pembelajaran lain yang lebih seru. Salam hangat untuk Sobat Madania. Manusia berakhlak, stop hoaks! (Anri Rachman)


Share :