Maknai Peran Orang Tua dan Guru dalam Webinar Rumahku Sekolahku

13:01:25, 02 Juni 2020 Annisa Azzahra

Dampak pandemic Covid-19 yang tengah terjadi di Indonesia berdampak dalam banyak hal, termasuk aktivitas-aktivitas sosial di luar rumah termasuk di sekolah. Pemerintah menetapkan pada tanggal 16 Maret 2020, murid mulai melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pembelajaran Jarak Jauh tentunya menjadi tantangan baru bagi murid, guru, dan orang tua. Prof. Dr. Komaruddin Hidayat selaku Pembina Yayasan Pendidikan Madania Indonesia (YPMI) dalam sesi Parenting Webinar Rumahku, Sekolahku mengatakan bahwa pandemic yang terjadi saat ini membuat digitalisasi semakin menguat, hal ini menuntut murid, guru, dan orang tua harus belajar dan beradaptasi terhadap sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan pemahaman terhadap teknologi.

Dalam sesi Parenting Webinar ini juga disampaikan bahwa Kerjasama antara orang tua dan guru adalah hal yang mutlak, orang tua dan guru harus memiliki Kerjasama yang kompak. Guru-guru sekolah Madania mengucapkan rasa terimakasih mendalam kepada orang tua yang telah mendampingin anak-anak belajar selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Terutama untuk orang tua murid Primary yang membutuhkan kesabaran ekstra dan kreativitas dalam mendampingi anak belajar. Perhatian orang tua murid Madania juga terlihat dari berbagai saran dan masukan untuk proses Pembelajaran Jarah Jauh (PJJ) sehingga sekolah Madania dapat memperbaiki dan berupaya agar proses PJJ yang berlangsung menjadi lebih baik.

“Semangat untuk guru-guru sekolah Madania dalam mensukseskan Pembelajaran Jarak Jauh, dari pengalaman PJJ, ada anak kelas 1 yang mulai moody saat menjalani PJJ, lalu dihubungi langsung oleh homeroom teacher-nya, diberikan motivasi sehingga anak kembali semangat belajar.” Pesan ibu Vita dari Primary School Madania. Komunikasi yang terjalin tidak hanya antara orang tua dan guru, namun juga ada komunikasi intens antara guru dan murid. Semoga kita semua selalu semangat dan dalam keadaan sehat. Sesi Parenting Webinar ini memberikan pelajaran bahwa, kita sebagai manusia, harus terus belajar dan jangan pernah berhenti berproses. Orang tua dan guru juga sebgai pemimpin yang menjadi contoh bagi anak harus mampu bersabar dan terus mengembangkan diri, hasilnya bukan hanya untuk diri sendiri  tetapi juga untuk anak-anak. (Annisa Azzahra)


Share :