LOTE Mandarin Mempelajari Materi Angka

15:30:34, 16 Januari 2018 Himawari

MadNews Edisi 14/IX/2017-2018 - Setelah libur tengah semester 1, siswa kelas 7 LOTE Mandarin mempelajari materi Angka. Sebelum memasuki materi ini, siswa terlebih dahulu diberikan pengenalan kosa kata serta cara pelafalan yang tepat dalam bahasa Mandarin dan menghitung angka 1-10 menggunakan jari dalam budaya Tionghoa.

Pemberian materi tidak hanya seatas angka 0-10 saja, namun siswa juga mempelajari angka hingga 99.999. Penyebutan angka dalam Bahasa Mandarin sangatlah mudah yang terpenting adalah wajib hafal angka 0-10 serta penyebutan dan penulisan angka ratusan 白, ribuan 千, serta puluh ribuan 万. Hal ini berfungsi sebagai dasar dalam belajar angka, misalnya angka 45 = 四十五 atau angka 719 = 七百十九. Untuk memudahkan siswa mempelajari angka hingga puluh ribuan maka dibuatlah pola penyusunan angka dan tentu saja menuliskannya menggunakan Hanzi (aksara Han).

Setelah memahami materi ini, maka siswa dapat mengerjakan latihan di buku teks dan buku latihan serta membahas latihan tersebut di kelas untuk dinilai. Dengan mengerjakan latihan tersebut diharapkan agar siswa semakin hafal dalam belajar Angka. (Irma Yaumi Arroihani)


Share :