KATAKANA

09:43:37, 21 Agustus 2019 Annisa Azzahra

Pembelajaran LOTE Jepang pada pekan ini diawali dengan memutarkan video musik berjudul Tokyo Bon 2020 mengenai pelafalan-pelafalan dari bahasa Inggris yang dibunyikan dengan pelafalan Jepang. Siswa diminta menebak kosakata apa saja yang disebutkan dalam video tersebut serta arti dari kosakata tersebut. Kemudian guru mengkonfirmasi jawaban-jawaban dari siswa.

Setelah itu siswa mendapat informasi terkait kapan dan bagaimana cara menggunakan huruf katakana dalam kalimat bahasa Jepang. Huruf katakana digunakan untuk menuliskan kosakata yang diserap dari bahasa asing selain bahasa Jepang dengan beberapa penyesuaian bunyi mengikuti pelafalan orang Jepang, contohnya  kata “ice cream” dari bahasa Inggris berubah jadi “aisu kurimu”, “green” menjadi “guriin” dan lain sebagainya.

Setelah siswa memahami konsep, mereka diminta untuk mengerjakan worksheet dengan memasangkan (menjodohkan) kosakata bahasa Inggris dengan pelafalan Jepang yang ditulis menggunakan huruf katakana. Dengan mempelajari materi ini diharapkan kemampuan bahasa Jepang siswa semakin meningkat. Selain huruf hiragana siswa juga dapat membaca dan menulis dengan huruf katakana sesuai dengan fungsinya. (Nopi Kurniawan)


Share :