Kader Day

07:57:42, 24 Februari 2021 Annisa Azzahra

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kader adalah orang yang diharapkan akan memegang peran yang penting dalam pemerintahan, partai, dan sebagainya. Sedangkan, pengkaderan adalah proses, cara, perbuatan mendidik atau membentuk seseorang menjadi kader. Untuk itu, OSIS SMA Madania menyelenggarakan Kader Day pada tanggal 18 Februari 2021 secara daring sebagai sarana pembekalan dan penyampaian materi perihal cara kerja, pengalaman, tugas-tugas, dan kewajiban yang dimiliki pengurus OSIS SMA  kepada OSIS dan MPK SMP Madania.

Acara ini terdiri dari lima rangkaian kegiatan yaitu Briefing & Ice Breaking, Sesi Games, Presentasi Divisi, Sharing Session, Bonding Session, dan Closing. Semua peserta berkumpul dalam main room Google Meet untuk mendapatkan info perihal rangkaian kegiatan acara. Kemudian diadakan ice breaking singkat dengan bermain “2 Truths, 1 Lie”. Permainan dilakukan dengan seorang pemain yang akan menyebutkan tiga pernyataan. Pemain lainnya harus bisa menebak mana pernyataan yang benar dan salah. Pemain terus bergantian giliran sampai waktu habis. Dengan ice breaking ini, para peserta dapat lebih santai dalam mengikuti acara dan lebih mengenal pengurus OSIS SMA Madania.

Peserta dibagi menjadi enam kelompok dimana setiap kelompok berada di pos masing-masing. Setiap Divisi dari OSIS SMA Madania yang berotasi ke masing-masing pos Google Meet untuk menjelaskan program-kerja mereka. Mereka menjelaskan menggunakan slide presentasi yang telah disiapkan sehingga peserta dapat membaca dan mengerti lebih jelas.

Setelah itu, peserta dibagi menjadi tiga kelompok yang setiap kelompoknya berada di pos masing- masing Google Meet sementara PIC games melakukan rotasi. Dalam kegiatan ini, peserta memainkan permainan yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan mempererat hubungan bonding dengan cara yang seru dan menarik. Permainan yang mereka mainkan antara lain adalah tebak gambar menggunakan Gartic.io, trivia quiz menggunakan Kahoot.it, dan sambung kata yang hanya menggunakan Google Meet.

Hal keempat yang para peserta ikuti adalah sharing session. Di sesi ini peserta bebas untuk saling berbagi dan bertanya tentang cara kerja, tugas-tugas, dan kewajiban sebagai pengurus OSIS. Para panitia acara yang merupakan pengurus OSIS SMA Madania banyak yang bercerita tentang pengalaman-pengalaman mereka terkait tugas mereka di keorganisasian ini. Selain itu, dilakukan juga refleksi dari acara ini tentang apa saja ilmu dan materi yang telah disampaikan melalui Google Forms.

Lalu, peserta akan dikumpulkan kembali di main room Google Meet. Di sesi ini peserta bonding dengan menyanyikan/memainkan yel-yel masing-masing yang telah mereka buat sendiri. Mereka diinstruksikan untuk membuat yel-yel di pagi hari saat briefing. OSIS SMA pun juga ikut memainkannya/menyanyikan yel-yel yang mereka telah buat. Tidak hanya itu, bermain games Jeopardy antar divisi (divisi OSIS SMP akan dikelompokkan bersama divisi OSIS SMA yang pekerjaannya/sifatnya relatif sama). Jeopardy merupakan permainan kelompok yang efektif untuk bonding dan menambah pengetahuan. Cara bermainnya adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan kesulitan dan bobot poin yang berbeda-beda, semakin sulit pertanyaannya maka semakin besar poin yang akan didapatkan jika berhasil dijawab. Pemenangnya adalah kelompok dengan poin terbesar di akhir permainan. Pertanyaan-pertanyaan di Jeopardy disesuaikan dengan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan dan diselipkan pertanyan-pertanyaan yang bertemakan OSIS dan Sekolah Madania. Setelah bonding, acara ditutup oleh MC.

Para peserta mengikuti rangkaian acara ini dengan atif dan bersemangat. Mereka tidak malu-malu untuk membagi cerita mereka tentang pegalaman mereka berorganisasi. Dari acara ini, diharapkan agar hubungan baik antara pengurus OSIS SMA Madania dengan pengurus OSIS dam MPK SMP Madania dapat terjalin dengan baik dan sikap-sikap Madania Learner Profile pengurus OSIS-MPK SMP Madania, terutama Madania Learner Profile-Social Aptitude-Leadership dapat dikembangkan. (Sekar Rania Lituhayu)

 


Share :