Hari Guru

10:10:08, 01 Desember 2020 Annisa Azzahra

Hari guru adalah sebuah kesempatan bagi siswa dan siswi untuk menunjukkan apresiasi dan penghormatan terhadap guru yang telah menjadi pendidik di sekolah. Berbeda dari tahun sebelumnya, peringatan hari guru tahun ini dilakukan secara virtual tepat pada hari Selasa, 24 November 2020. Sebenarnya hari guru diperingati setiap tanggal 25 November, tetapi pengurus OSIS SMA Madania bekerja sama dengan pembina serta kepala sekolah untuk memajukan acara hari guru ini sebagai kejutan untuk para guru di secondary.

Dalam memperingati momen ini, pengurus OSIS SMA Madania mengumpulkan partisipasi para murid SMP dan SMA. Mereka berkontribusi aktif dalam acara ini dengan mengirimkan foto serta video untuk para guru yang tersayang. Foto tersebut merupakan kumpulan foto siswa dan siswi beserta ucapan hari guru yang telah mereka tulis, kemudian diunggah ke Padlet. Untuk video, beberapa siswa dan siswi perwakilan kelas masing-masing membuat sebuah video berisi jawaban mereka dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh pengurus OSIS SMA Madania. Mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar memori guru paling mengesankan, guru favorit beserta alasan dan pesan untuk mereka, dan tak lupa pesan untuk semua guru Madania. Tidak hanya itu, beberapa perwakilan pengurus OSIS SMA Madania juga membuat video menari dari TikTok menggunakan lagu Pagiku Cerahku dengan penuh semangat dan ceria agar dapat memberikan sesuatu yang menarik dan berbeda untuk para guru tercinta.

Video-video tersebut ditampilkan saat para guru sedang mengadakan rapat online via Google Meet yang disiarkan seacara langsung di YouTube. Moderator acara, Maghfira Mutiara Permana masuk ke dalam Google Meet tersebut dengan menyamar menjadi salah satu guru, yaitu Bu Astri. Hal tersebut mengejutkan para guru di dalamnya. Fira memberi tahu tentang rangkaian acara, yaitu penampilan kumpulan video dari murid, penampilan video cover lagu Pagiku Cerahku dari Zahra 11B diiringi alunan gitar dari Brama 11Y, dan video TikTok dari beberapa pengurus OSIS.

Saat penayangan video, guru-guru terlihat senang dan terkejut saat mendengar kesan dan pesan dari para murid. Siswa dan siswi juga aktif meramaikan siaran langsung tersebut di kolom komentar. Setelah itu, link untuk membuka Padlet berisi ucapan hari guru dari para murid pun diberi kepada guru-guru. Ada yang menuliskan ucapannya di kertas dan ada juga yang selfie kemudian menuliskan ucapannya langsung di foto unggahan tersebut menggunakan font yang ada seperti di Instagram. Sangat kreatif bukan?

Meskipun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara hari guru tahun ini berjalan dengan lancar. Kejutan-kejutan sederhana namun bermakna tersebut menunjukkan bahwa jarak dan waktu tidak menghambat siswa-siswi untuk memberikan apresiasi mereka kepada para guru tercinta.

Terima kasih Bapak dan Ibu guru atas ilmu yang berharga, ajaran yang penuh makna, dan pengalaman yang tiada duanya. Terima kasih telah menjadi guru yang luar biasa, dan juga teman yang membimbing kami dalam kehidupan. Bagi dunia, Anda mungkin hanya seorang guru, tetapi bagi siswa, Anda adalah pahlawan.


Share :