Digi Parents

12:36:56, 06 Oktober 2017 Himawari

Menjembatani Gap antara Orang Tua dan Anak

Sebuah lembaga pendidikan tidak hanya berkewajiban mengedukasi muridnya, tetapi mesti mengajak semua elemen yang terlibat dalam pendidikan tersebut untuk memiliki persepsi yang sepaham. Hal ini agar visi sebuah lembaga pendidikan dapat dicapai secara tepat dan akurat. Salah satu contohnya dalam menyikapi perubahan teknologi digital yang sedemikian cepat ini.

“Saat ini telah terjadi pergeseran tentang cara pandang terhadap teknologi. Teknologi digital bukan lagi dipandang sebagai alat, melainkan sudah menjadi bagian dari pribadi kita,” ujar Ketua Yayasan Pendidikan Madania Indonesia, Bapak Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, dalam pembukaan acara Digi Parents: Parenting for Digital Future, di Sekolah Madania, Sabtu (30/9).

Dengan demikian, lanjut Pak Komar, pergeseran ini juga berimbas pada karakter generasinya. Pada umumnya, anak-anak Generasi Z mengalami kesulitan untuk menuangkan gagasan yang panjang-panjang, seperti menulis makalah. Ini lantaran mereka terbiasa menulis status dengan jumlah karakter yang terbatas.

“Kondisi ini harus disikapi dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran, ketika presentasi, anak-anak tidak langsung membuat powerpoint, tetapi mereka membuat makalah terlebih dahulu kemudian barulah mengekstraknya menjadi bentuk presentasi,” papar Pak Komar.

Pada keadaan tertentu, pergeseran ini juga dinilai oleh School Director Madania, Bapak M. Wahyuni Nafis, dapat menimbulkan gap antara guru, murid, dan orang tua. “Gap itu terutama terjadi pada akselerasi, pada kecepatan dalam mengakses informasi,” jelasnya saat memberikan pemaparan dalam Parenting Session. Akan tetapi, menurutnya, hal yang lebih penting lagi adalah menjembatani gap agar bersatunya kata dan perbuatan.

Open House

Pada kesempatan tersebut, hadir juga sebagai pembicara dari Joy Parenting yaitu psikolog, Ibu Ratih Ibrahim, dan Digital Media Expert & Joyful Dad, Abang Edwin. Selain menyelenggarakan Parenting Session yang merupakan bagian dari acara Madania Open House, di hari tersebut juga diselenggarakan kindergarten class, sport class, lego class, Digital Class: Smart and Fun Digi, dan mini seminar dengan tema How to be a Wonderful Teenager in Digital Future.

 

 

 

 

 

        


Share :