Desain Pembelajaran Literasi Informasi di Perpustakaan Sekolah-Sekolah Dasar

15:10:19, 22 Agustus 2017 Himawari

Sekolah Madania bekerjasama dengan Universitas YARSI menggelar kegiatan menarik yang dikemas dalam program Sinau Bareng Pustakawan Sekolah yang bertajuk “Desain Pembelajaran Literasi Informasi di Perpustakaan Sekolah Dasar”. Kegiatan ini dihadiri oleh 10 pustakawan dari berbagai sekolah di Bogor dan Jakarta, bahkan ada pula yang hadir dari DIY Yogyakarta.

Topik diskusi “Literasi Informasi” ini sangat menarik untuk didiskusikan apalagi di tengah era digitalisasi informasi yang mempermudah siapapun menerima informasi. Menurut American Library Association (ALA), literasi informasi merupakan serangkaian kemampuan yang dibutuhkan untuk menempatkan, mengevaluasi, menggunakan informasi  yang dibutuhkan secara efektif.

Kemampuan menguasai informasi literasi akan memudahkan seluruh pendidik dan peserta didik untuk mendapatkan informasi mengenai dunia pendidikan dan pembelajaran dengan mudah sehingga bisa memaksimalkan hasil pembelajaran.

Di Sekolah Dasar Madania, literasi informasi ini sudah beberapa tahun digalakkan. SD Madania telah memiliki jam tersendiri untuk kegiatan kelas literasi informasi yang diselenggarakan oleh Madania Library and learning Center. Melalui kegiatan sharing ini diharapkan sekolah-sekolah dapat menerapkan pembelajaran kelas literasi informasi melalui program-program perpustakaan di sekolah masing-masing. Semoga bermanfaat. (Cahayuni Fajaria)


Share :