Class Meeting

13:32:42, 23 Desember 2020 Annisa Azzahra

Kompetisi merupakan hal yang penting karena menumbuhkan semangat untuk berprestasi. Namun, kekompakan dan kerja sama tidak kalah penting. Maka dari itu, Sekolah Madania menyediakan waktu untuk para murid berkumpul dan bertemu dalam bentuk perlombaan setelah minggu ujian selagi menunggu datangnya penerimaan rapor atau biasa disebut Class Meeting. Kegiatan ini diselenggarakan oleh OSIS SMA Madania yang tentunya menarik untuk diikuti oleh seluruh siswa SMA.

Class Meeting tahun ini diadakan pada hari Selasa, 15 Desember 2020 menggunakan aplikasi Google Meet untuk bertemu secara virtual. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagaisebuah acara bonding antarsiswa yang dibuat untuk menghibur siswa-siswi SMA kelas 10-12 yang telah melaksanakan Penilaian Akhir Semester agar mereka dapat meningkatkan semangat juang, memupuk jiwa sportifitas dalam berlomba serta mengasah kreatifitas walaupun sedang dibatasi dengan pandemi.

Di tahun-tahun sebelumnya, tim yang terbentuk untuk perlombaan atau permainan dalam Class Meeting merupakan tim antar kelas. Nah, tahun ini berbeda loh dari tahun-tahun sebelumnya! Setiap tim berisikan gabungan dari kelas 10, 11, dan 12. Membentuk tim seperti ini dapat mempertemukan para siswa dan siswi agar mereka dapat lebih kenal dengan satu sama lain.

Jenis kegiatan perlombaan yang diadakan tergantung pada program yang telah disusun oleh OSIS. Pada Class Meeting ini, tidak semua permainannya merupakan permainan yang kompetitif, seperti permainan Bingo yang telah dimodifikasi cara bermainnya sehingga para murid dapat berdiskusi, bekerja sama, dan dapat melatih kekompakan mereka dalam tim tersebut. Selain Bingo, kegiatan Class Meeting ini terdiri dari 6 games online; Swellgarfo, Are you focus or not?, Among UsKnowledge of Arts, dan Gartic.

Swellgarfo merupakan bentuk permainan dimana peserta diberikan 5 kategori yang mereka harus jawab dengan kata yang diawali oleh huruf yang ditentukan oleh website dari panitia games OSIS. Peserta bermain secara individu dan pemenang ditentukan dengan peserta yang mempunyai poin terbesar.

Berbeda dengan Swellgarfo,Are you focus or not?, yang pada awal permainan, para pemain akan ditunjukan sebuah klip video dan mereka harus mengamati video tersebut. Setelah selesai pemutaran video, para pemain akan ditanyakan sebuah detail tentang video tersebut. Tidak ada kemenangan dalam permainan ini karena semua anggota kelompok akan bekerja sama dengan satu sama lain seperti Bingo.

Tidak hanya itu, ada juga permainan Among Us yang sempat booming sekitar tiga bulan yang lalu. Crewmate akan melawan tim impostor. Jika semua impostor telah ketahuan oleh crewmate, maka tim crewmate akan menang. Dan jika para impostor telah berhasil mengeliminasi crewmate dan mensabotase pesawatnya, maka tim impostor akan menang.

Lain dari yang lain, para pemain Knowledge of Arts akan beradu kecepatan untuk menebak jawabannya secara individu. Pada permainan ini panitia games OSIS akan memutarkan sepotong lagu, dan siswa-siswi akan melanjutkan lirik lagu tersebut. Selain itu, panitia juga akan memutarkan sebuah potongan film, dan pemain akan menebak judul filmnya serta aktor atau aktris yang terlihat di potongan film. Sangat menarik, bukan?

Kemudian, Gartic adalah permainan yang mengharuskan pemain untuk menggambar atau menebak gambar. Para pemain akan bergantian menggambar dan menebak sesuai dengan urutan yang telah ditentukan. Pemenang dari permainan ini ditentukan berdasarkan poin tertinggi yang didapat dari jawaban atau tebakan benar para pemain.

Awalnya, ada kelompok-kelompok yang tidak semua anggotanya bergabung ke dalam Google Meet karena beberapa dari mereka mengerjakan tugas yang belum selesai dan ada juga yang izin. Oleh karena itu, dari 12 kelompok, dua kelompok digabung menjadi satu kelompok sehingga kemudian terbentuk enam kelompok gabungan. Dengan penggabungan kelompok tersebut, suasana menjadi lebih seru. Para murid antusias dalam mengikuti permainan, terlihat dari aksi mereka  bermain dengan lebih semangat dan juga aktif serta sportif.Walaupun diselenggarakan secara online mereka tetap dapat bermain bersama dengan kompak saat permainan yang bertujuan untuk melatih kemampuan teamwork. Karena antusiasme para murid tersebut, acara Class Meeting tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Sampai jumpa di acara OSIS berikutnya! (Sekar Rania Lituhayu)


Share :