Begini Loh Atasi Letargi di Masa Pandemi

13:05:05, 02 Juni 2020 Annisa Azzahra

Parenting Webinar sekolah Madania yang berlangsung beberapa waktu lalu mengajak sobat Madania untuk berbincang dan diskusi pengalaman di masa pandemi, khususnya saat rasa taku dan cemas muncul karena berubahnya rutinitas, kondisi, bahkan hingga pemberitaan yang muncul di media.

Parenting Webinar kali ini diisi oleh bapak Prof. Dr. Komaruddin Hidayat selaku Pembina Yayasan Pendidikan Madania Indonesia (YPMI). Pada kesempatan ini bapak Prof. Dr. Komaruddin Hidayat memaparkan kiat atasi Letargi selama masa pandemi. Letargi merupakan rasa takut dan cemas yang disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Letargi dapat terjadi karena pikiran yang terganggu, cemas berlebihan, merasa lelah, dan sebagainya.

Dalam Parenting Webinar, Prof. Dr. Komaruddin Hidayat mengatakan bahwa saat ini kita menghadapi musuh yang tidak terlihat, tidak bisa dilawan dengan senjata, popularitas, atau bahkan jabatan. Dalam memerangi Covid-19 dibutuhkan cara yang halus, yaitu dengan kedisplinan diri, tegas, dan sabar. Selama masa pandemi juga sangat mungkin sekalu keadaan psikologi seseorang terganggu, dalam hal ini kita perlu membatasi diri dari perang opini yang dihadirkan media dan kurangi membaca berbagai berita terkait Covid-19.

 “Kita harus batasi diri dari maraknya pemberitaan tentang virus Corona ini, terutama jika berita tersebut dapat menyebabkan rasa cemas dan takut pada diri kita, selain itu kita juga dapat menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan positif dan hobby, karena ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukannya.” Pesan bapak Prof. Dr. Komaruddin Hidayat dalam Parenting Webinar sekolah Madania. (Annisa Azzahra)


Share :