Ayo Belajar Basa Sunda

11:49:16, 21 Agustus 2019 Muhamad Chori Zikrin

Wilujeng enjing sadayana. Bahasa daerah merupakan bahasa asli Indonesia yang harus selalu kita lestarikan, walaupun kini bahasa asing mulai menguasai tapi jangan pernah lupakan bahasa daerah sendiri. Bagi yang bukan orang Sunda pasti pernah mendengar beberapa kosa kata yang diucapkan oleh orang Sunda misalnya  melalui media televisi, radio, film dan sebagainya. Bahasa Sunda merupakan bahasa kedua terbesar di Indonesia setelah bahasa Jawa. Bahasa Sunda dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu bahasa halus, biasa dan bahasa kasar.

Pekan ini, siswa kelas 12 SMA belajar tentang analisis teks wacana warta Bahasa Sunda. Siswa diharapkan dapat memahami isi teks, mengetahui kosa kata baru, dan dapat menentukan informasi yang terkandung dalam teks. Siswa membaca teks warta tentang longsor dan memahami informasi yang terkandung dalam teks tersebut. Kosakata bahasa Sunda yang digunakan meliputi unsur aya kajadian naon?, di mana kajadianna?, iraha kajadianna? Saha wae korbanna?, kumaha kajadianna?, dan naon nu nyebabkeun eta kajadian?

Banyak siswa yang sudah mengetahui kosakata tersebut dan ada pula beberapa siswa yang kesulitan memahaminya. Siswa terlihat antusias belajar Bahasa Sunda. Mari kita lestarikan salah satu budaya Indonesia dengan belajar bahasa Sunda. (Astri Fitri Sulistiowati)


Share :