Asyiknya Mengenal Sejarah Lahirnya Pancasila

15:10:12, 19 Agustus 2019 Annisa Azzahra

Pekan ini murid kelas 5 SD Madania sedang mengeksplorasi sejarah singkatperumusan Pancasila. Mereka juga mengidentifikasi fungsi Pancasila bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Eksplorasi ini menjadi refleksi bagi seluruh murid kelas 5 apakah nilai-nilai Pancasila sudah tertanam pada diri mereka? Nah, guna menanamkan nilai-nilai Pancasila pada karakter murid-murid Madania, maka murid kelas 5 melakukan beberapa eksplorasi. Yuk, kita simak eksplorasi mereka!

Di kelas, mereka menyimak tayangan dokumenter tentang sejarah Pancasila. Mereka mengetahui ada tiga tokoh besar yang mengusulkan pendapatnya tentang rumusan dasar negara Indonesia. Ketiga tokoh tersebut adalah Mr. Mohammad Yamin, Mr. Supomo, dan Ir. Soekarno. 

Setelah itu, mereka secara berkelompok menulis hasil ulasannyadalam bentuk mind map dan mereka mengetahui bahwa Ir. Soekarno terpilih untuk menyampaikan usulannya tersebut yang kemudian kita kenal dengan nama Pancasila pada 1 Juni 1945.

Berdasarkan beberapa bukti dalam sejarah perumusan Pancasila, maka murid kelas 5 dapat menyimpulkan bahwa Pancasila adalah ideologi terbaik bangsa, karena Pancasila diambil dari budaya Indonesia sendiri. Murid kelas 5 Madania juga mengidentifikasi contoh nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila, misalnya kerja keras, berjiwa besar, rendah hati, rela berkorban, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, dan lain-lain.

Setelah mereka menjelaskan isi rumusan dan fungsi Pancasila bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia, mereka memberikan beberapa contoh nilai-nilai Pancasila yang telah dan akan mereka terapkan dalam kehidupannya sehari-hari. Berikut adalah beberapa nilai-nilai Pancasila yang telah dan akan mereka terapkan:

  •       mau bekerja keras dan tidak gampang menyerah
  •       belajar dengan giat, rajin, dan tekun
  •       menghargai perbedaan
  •       mau bertanggung jawab dan mandiri
  •       berjiwa besar dan berkomitmen dengan sunguh-sungguh

Pembelajaran yang mengenalkan Pancasila dan wawasan kebangsaan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air dan diharapkan murid-murid Madania dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga NKRI. Penanaman nilai-nilai Pancasila dalam sikap hidup sehari-hari ini di sekolah maupun di rumah harus terus berlanjut. (Devi Surya Rishalia)


Share :