ALUMNI MADANIA RAIH BEASISWA LPDP

03:59:14, 09 April 2020 Muhamad Chori Zikrin

Merasa masih kurang di dunia pendidikan membuat Aldo memutuskan untuk kembali menimba ilmu. Aldo juga sadar bahwa ilmu merupakan suatu harta yang tidak bisa dicuri. Hal itulah yang menjadi motivasi Aldo untuk meraih beasiswa bergengsi LPDP. Pria dengan nama Panjang Ronaldo Hasibuan ini lulus dari sekolah Madania pada tahun 2011.

Saat ini Aldo menempuh pendidikan di Uppsala University Swedia, jurusan Renewable Electricity Production. Awalnya Aldo ingin kuliah di Inggris, bahkan Aldo sudah mengantongi Letter of Acceptance dari University of Southampton. Namun karena Inggris menjadi negara tujuan dari banyak awardee LPDP, Aldo pun kembali melakukan riset tentang negara lain. Ternyata di Swedia ada jurusan yang lebih spesifik tentang energi terbarukan yang sangat sejalan dengan keinginan Aldo. Akhirnya Aldo memilih Swedia untuk melanjutkan studi master-nya.

Persiapan Aldo untuk meraih beasiswa LPDP tidak main-main, Aldo mempersiapkan diri untuk meraih skor tinggi pada ujian IELTS, berlatih mengisi soal TPA, melakukan riset pada soal tersebut, mempelajari Teknik wawancara dan mengikuti berita nasional agar lancer saat diberikan topik untuk membuat esai. LPDP sendiri dibagi menjadi tiga tahap, pertama adalah seleksi administrasi, kedua psikotes, dan ketiga ada tes wawancara, leaderless group discussion, dan essay on the spot.

Dalam menjalani perkuliahan, Aldo mengaku cara belajar di Swedia menjadi tantangan, belajar di Swedia lebih menekankan pada implementasi teori yang didapat di kelas, menggunakan teori tersebut di dunia nyata berdasarkan kasus yang benar-benar terjadi. Kemampuan komunikasi juga menjadi hal krusial bagi Aldo saat studi di luar negeri. Aldo mengatakan bahwa Sebagian besar kemampuan berkomunikasi ia dapatkan saat belajar di sekolah Madania, seperti presentasi dan menyampaikan pendapat.

“Untuk adik-adik Madania. Jangan takut untuk mencoba hal-hal yang positif, meski terlihat sulit dan berat, coba lakukan hal terbaik yang kita bisa. Pasti ada jalan, dan jangan lupa berdo’a kepada Tuhan.” Pesan Aldo untuk adik-adiknya di sekolah Madania. (Annisa Azzahra)


Share :