A Day in High School

14:01:34, 22 Januari 2021 Annisa Azzahra

Masa SMA adalah masa yang dinantikan oleh banyak orang. Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa ini adalah masa terindah di sekolah. Berbeda dengan masa SMP yang masih lebih dibawa santai, di SMA para murid dituntut untuk lebih serius dalam menempuh jenjang pendidikan berikutnya. Maka dari itu, OSIS SMA Madania menyelenggarakan A Day in Highschool yang merupakan program kerja bertujuan mengenalkan lingkungan Sekolah Menengah Atas (SMA) kepada siswa-siswi kelas 9 yang akan menghadapinya di tahun ajaran depan. Acara ini memiliki beberapa kegiatan interaktif seperti class visit, case study and games, sharing session, dan beberapa kegiatan yang lain. Melalui acara ini, diharapkan siswa-siswi kelas 9 SMP Madania dapat mempersiapkan diri untuk beradaptasi dengan situasi dan lingkungan SMA untuk tahun ajaran depan.

Class Visit merupakan salah satu kegiatan yang melibatkan guru-guru untuk menjelaskan sistem pembelajaran di Sekolah Menengah Atas agar siswa-siswi kelas 9 dapat mengenal bagaimana pembelajaran yang akan mereka hadapi di tahun ajaran depan. Untuk mepermudah teknis Class Visit, para panitia menayangkan dua video yang berisi perkenalan dari 18 guru dan pembelajaran di SMA Madania. Guru terkait menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah disiapkan melalui video yang dibuat masing-masing guru. Sesi ini sangat interaktif karena para siswa bermain kahoot mengenai video yang sebelumnya ditayangkan.

Kemudian, Case Study and Games. Di kegiatan ini, para peserta aktif mengasah kemampuan mereka dalam mencari solusi dari sebuah masalah berbentuk soal cerita. 52 siswa kelas 9 dibagi menjadi 4 pos, dimana masing-masing pos terdiri dari 13 orang dan berjalan selama 15 menit. Saat rotasi, setiap pos bergeser ke pos selanjutnya. Dua pos berisi case study dan dua pos lainnya diisi games. Dari kedua pos case study, panitia menyalurkan ilmu dan menjadikannya bekal bagi mereka saat menghadapi kasus yang serupa dan para peserta aktif dalam mengungkapkan pendapat mereka.

Ada juga Sharing Session atau sarana bagi siswa-siswi untuk bertukar pengalaman dengan narasumber dan siswa-siswi lainnya. Untuk kegiatan ini, OSIS SMA Madania mengundang tiga narasumber dari alumni SMA Madania. Ketiga narasumber tersebut diisi oleh Titus Adikara Rahardjo dari Angkatan 12, Defanna Valeska dari Angkatan 13, dan Andari Sekarningrum dari Angkatan 14. Mereka memberi motivasi dan inspirasi bagi para siswa-siswi dari pengalaman yang mereka bagikan pada kegiatan ini. Selain itu, sesi ini menjadi sesi live streaming di Youtube Sekolah Madania.

Perwakilan OSIS dan MPK Sekolah Madania menjelaskan organisasi yang dijalankan di dalam sekolah untuk  menumbuhkan rasa ketertarikan siswa-siswi kelas 9 mengikuti organisasi di Sekolah Menengah Atas. Untuk perwakilan OSIS diisi dengan ketua yaitu Brama Fawwas Aydin dan untuk MPK pun juga sama, yaitu Octarizky Ramadika Taufik.

Acara A Day in High School ditutup dengan presentasi dari sekolah. Berbeda dengan presentasi sebelumnya, presentasi ini diisi oleh koordinator akademik SMA Madania, Ibu Dina, yang menjelaskan kurikulum untuk menjalankan sistem pendidikan SMA di Madania. Selain dari Ibu Dina, ada juga testimoni dari kelas 11 dan 12 mengenai jurusan IPA maupun IPS. Para peserta terlihat semangat dalam mengikuti acara ini, terlihat dari antusiasme mereka mulai dari bermain games sampai berdiskusi dan bertanya terkait hal-hal untuk menghadapi masa SMA. (Sekar Rania Lituhayu)


Share :