Grassroots Football - Sepak Bola untuk Semua Anak Usia Dini

14:38:52, 27 Maret 2017 Administrator

Madania News Edisi 19/I/2016-2017 - Sepak bola grassroots adalah sepak bola untuk semua anak usia dini, antara 6 hingga 12 tahun. Sepak bola ini dirancang sebagai olahraga yang menyenangkan tanpa memandang latar belakang usia, jenis kelamin, kondisi fisik, warna kulit, agama, dan etnis.

Sepak bola grassroots merupakan salah satu program FIFA yang memiliki tujuan utama membuat sebanyak mungkin anak-anak terlibat bermain sepak bola. Selain itu, sepak bola grassroots dapat meningkatkan teknik dan kecerdasan bermain anak-anak serta menciptakan kegembiraan di lapangan.

Sepak bola grassroots telah berkembang pesat dan sangat populer di beberapa Negara. Tak hanya itu, sepak bola grassroots juga mendapatkan tempat yang membanggakan di dunia olahraga. Adapun di Indonesia, sepak bola grassroots masih tergolong baru dalam pengenalan.

Konsep dari program sepak bola grassroots adalah mengumpulkan orang sebanyak mungkin secara bersama-sama melalui sepak bola. Program ini menawarkan kesempatan bagi semua orang untuk bertemu orang lain, berinteraksi, berbagi, bermain sepak bola tanpa diskriminasi, dan tanpa harus menyediakan infrastruktur yang mahal.

Aktivitas program ini sifatnya rekreatif. Kendati demikian, hal ini bisa menjadi program latihan yang terstruktur untuk berlatih dan melakukan pertandingan di sekolah ataupun klub. Dengan demikian, program ini dapat memberikan peluang melibatkan kerja sama yang erat antar-pelaku sepak bola dan semua stakeholders dalam pendidikan (pemerintah, LSM, komunitas, sekolah, dan lain sebagainya).

Sesuai tujuan utama sepak bola grassroots adalah mengenalkan sepak bola kepada anak-anak dan mengajak mereka untuk memulai berlatih sepak bola melalui bermain. Untuk itu, pastinya mereka melakukan dengan gembira dan senang sehingga menumbuhkan harapan terhadap sepak bola itu sendiri.

Dengan bimbingan para coach-educator bermain sepak bola dalam bentuk small-sided games, di lapangan kecil, yang disesuaikan dengan kapasitas fisik anak, diharapkan anak-anak akan lebih sering melakukan sentuhan dengan bola (belajar mengontrol serta menggunakan bola).

Latihan sepak bola bagi anak-anak bukan semata-mata mengajarkan skill atau keterampilan bermain sepak bola yang baik dan benar saja, melainkan jauh lebih penting, yaitu bagaimana anak-anak dapat menikmati bermain sepak bola serta belajar tentang nilai-nilai positif. Nilai positif yang dilakukan dengan memberikan pengalaman bermain sepak bola yang menyenangkan, yakni menjaga sportivitas, kejujuran, dan saling menghargai. Semua itu adalah hal yang sangat penting untuk ditanamkan kepada anak-anak sejak usia dini.

Sportivitas dalam olahraga bukan hanya fokus untuk meraih kemenangan, tetapi juga harus berani menerima kekalahan. Nilai-nilai yang tercermin melalui olahraga tersebut tentunya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini yang ingin disampaikan melalui sepak bola grassroots.

Seperti dikutip dalam buku FIFA Grassroots, melalui sepak bola grassroots diharapkan anak-anak dapat membangun mimpi dan membangkitkan semangat untuk meraih masa depan yang lebih baik, menjadi manusia yang bermanfaat untuk dirinya sendiri dan lingkungan.

Demikianlah sekelumit oleh-oleh dari pelatihan sepak bola grassroots bersama Indra Sjafri, Manager Coach Bali United (mantan pelatih tim nasional U-19) tanggal 24-25 Desember 2016. Semoga menambah wawasan dan dapat menjadi kontribusi positif dalam pengajaran dan perkembangan sepakbola khususnya bagi anak-anak MADANIA. (Sutarno).


Share :