Toleransi dan Menghargai Sesama

12:43:11, 15 Maret 2016 Administrator

Grade 9
Toleransi dan Menghargai Sesama Mukmin satu dengan mukmin yang lain bagaikan sebuah bangunan yang menguatkan satu sama lain (HR. Muslim).
Itulah sebuah hadits yang pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW. Sebuah perumpamaan yang luar biasa. Setiap bagian dari bangunan haruslah saling menghormati dan menghargai satu dengan yang lain. Jika tidak adanya saling memahami maka yang terjadi adalah saling menyalahkan.
Contoh kecil saja, jika atap bangunan mengeluh dengan kondisi yang ia miliki atau yang terjadi padanya karena setiap hari kepanasan dan kehujanan, kemudian atap bangunan tersebut akan menyalahkan tembok yang setiap harinya hanya berdiri dengan tidak tersentuh matahari dan air hujan. Begitu juga dengan tembok, ia akan menyalahkan atap bangunan yang enak-anakkan di atas sementara tembok harus menyangganya bertahun-tahun. Dari perumpamaan tersebut, patutlah kita jadikan pelajaran yang berharga bagi kita semua terutama siswa-siswi kelas 9 yang pada week ini mereka mempelajari materi Toleransi dan Menghargai Perbedaan serta Hormat dan Patuh terhadap
Guru dan Orang Tua.
QS. Al-Hujurat (49) : 13 adalah salah satu ayat yang menjelaskan tentang hal tersebut. Dalam pembelajaran, siswasiswi dipandu menghafal ayat tersebut sesuai makharijul hurufnya. Dari ayat tersebut, perbedaan yang Allah S.W.T. berikan kepada manusia bukanlah sebagai bahan untuk saling
mengolok-olok ataupun membanggakan diri, melainkan untuk saling mengenal satu sama lainnya.
Insya Allah, week 3 siswa-siswi akan belajar tentang Haji dan Umrah. Adapun manasiknya dilakukan pada week ke 4. Untuk itu, diharapkan kepada siswa kelas 9 untuk memiliki kain ihram untuk digunakan saat kegiatan. (Mohamad Nafis Antala’lai).


Share :