SIGMA 2019: Against All Odds

19:15:34, 22 Maret 2019 Fajar Yulianur

Madania Public Relations, (22/03/2019) – OSIS SMA Madania menyelenggarakan SIGMA 2019 pada 23 Maret – 4 Mei 2019 yang bertempat di Sekolah Madania, Bogor. Dengan tema “Against All Odds”, kegiatan ini hadir dengan semangat mengajak sesama pelajar SMA dan sederajat se-Jabodetabek untuk merangkul dan memberdayakan komunitas anak berkebutuhan khusus (ABK) untuk sama-sama mendobrak segala keterbatasan dan memudarkan garis perbedaan di antara mereka. Tujuan mulia penyelenggaraan kegiatan ini diwujudkan ke dalam beberapa rangkaian kegiatan yakni SIGMA Cup, SIGMA Camp, dan SIGMA For Change.

Rangkaian acara dimulai dengan penyelenggaraan kegiatan SIGMA Cup pada 23-27 Maret 2019. Kegiatan ini merupakan kompetisi persahabatan yang dimaksudkan untuk mempererat tali persaudaraan antar siswa SLTA se-Jabodetabek dan sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan minat para siswa di bidang olahraga dan seni. Terdapat lima cabang perlombaan yakni mini soccer, basket, softball, dan film pendek. Selain itu, ada pula lomba melukis yang dikhususkan bagi siswa berkebutuhan khusus.

SIGMA Camp sebagai kegiatan selanjutnya dilaksanakan pada 29 dan 30 Maret 2019. Dalam acara ini, OSIS SMA Madania mengundang pengurus OSIS dari berbagai sekolah se-Jabodetabek untuk bertukar pikiran dan pengalaman, mengasah keterampilan kepemimpinan, dan menjalin persaudaraan yang lebih erat antar sesama pengurus OSIS. Adapun agenda yang akan dilaksanakan adalah leadership workshop, games, sharing session, dan treasure hunt.

SIGMA For Change akan hadir sebagai acara utama kegiatan SIGMA 2019 dengan beragam rangkaian kegiatan tersendiri yang bekerjasama dengan unit Special Educational Needs Sekolah Madania. Rangkaian kegiatannya yakni Walk for Autism, Talkshow, dan Charity Concert yang diselenggarakan pada dua waktu yang berbeda.

Pada 27 April 2019, sejumlah komunitas ABK dan pelajar lainnya akan diajak untuk berjalan di sepanjang Jl. Tegar Beriman, Pemda, Cibinong, Kabupaten Bogor dalam kegiatan Walk For Autism. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menunjukkan dukungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keberadaan ABK sebagai bagian dari komunitas sosial yang harus dihargai, diterima, dan diberikan kesempatan yang sama untuk berkembang dan mengaktualisasikan diri.

Selanjutnya pada tanggal 4 Mei 2019 akan diadakan dua kegiatan utama yakni Talkshow dan Charity Concert. Talkshow ini menghadirkan beberapa pakar dan pemerhati ABK dan pendidikan inklusi untuk memberikan penyuluhan terhadap orang tua dan pendidik ABK. Selain itu, dalam agenda kegiatan ini akan ada lelang karya dan pameran seni yang memajang hasil karya siswa berkebutuhan khusus yang dibuat dalam perlombaan melukis SIGMA Cup sebelumnya.

Beranjak ke waktu senja, Charity Concert atau Konser Amal akan menjadi acara puncak sekaligus penutup seluruh rangkaian SIGMA 2019. Konser amal ini diperuntukkan untuk menggalang dana bagi beberapa komunitas anak berkebutuhan khusus untuk mendukung program pengembangan diri mereka. Konser amal tersebut akan menyuguhkan berbagai penampilan musik yang dibawakan oleh beberapa pelajar Sekolah Madania dan sekolah undangan dan penampilan spesial dari para siswa berkebutuhan khusus Sekolah Madania. Selain itu, sejumlah musisi tanah air juga akan turut meramaikan konser tersebut.

 

Public Relations Office

Sekolah Madania

Perum Telaga Kahuripan, Kemang

Bogor 16330, Jawa Barat, Indonesia

Telp: +62-251-8602777 ekt 107; Fax: +62-251-8604777

 


Share :