Science Film Festival 2018

10:22:17, 19 November 2018 Muhamad Chori Zikrin

Pada tanggal 7 dan 8 November 2018, Sekolah Madania menyelenggarakan kegiatan Science Film Festival (SFF) Indonesia 2018. Science Film Festival merupakan festival film terbesar di dunia yang diselenggarakan oleh Goethe Institut. Kegiatan ini setiap tahunnya diadakan secara serentak di beberapa negara, antara lain: Kamboja, Mesir, Laos, Malaysia, Myanmar, Palestina, Filipina, Sudan, Thailand, Uni Emirat Arab dan Vietnam. Setiap tahun, Science Film festival memiliki tema berbeda, dan tahun ini, tema yang diambil adalah “The Food Revolution”.

Penyelenggaraan SFF ini sebagai upaya untuk menunjukkan kepada masyarakat luas, khususnya generasi muda Indonesia, bahwa ilmu pengetahuan dapat dikomunikasikan dalam pendidikan dengan cara yang menghibur dan menyenangkan, salah satunya melalui media film.

Peserta SFF terdiri dari 354 siswa siswi Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, baik dari sekolah Madania maupun dari sekolah-sekolah undangan beserta guru pendamping sekolah masing-masing. Kegiatan SFF meliputi pemutaran film-film yang berkaitan dengan science, eksperimen, serta games yang sangat menarik.

Peserta sangat antusias sekali mengikuti kegiatan SFF, menurut pendapat salah satu peserta, kegiatan ini bukan saja menambah wawasan science mereka, namun mereka juga mendapatkan pengalaman langsung pada kegiatan eksperimen yang sangat menarik, demikian pula halnya dengan games dengan pertanyaan-pertanyaan yang menguji wawasan science mereka. Pada akhirnya, peserta yang terlibat aktif selama kegiatan Science Film Festival diberikan hadiah sebagai kenag-kenangan dari Panitia SFF.

(Emi Rusmiyanah)


Share :