Pemanfaatan Diorama Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Special Needs

07:42:01, 24 Agustus 2017 Himawari

Madania News Edisi 4/VIII/2017-2018 - (Grade 10) Media pembelajaran adalah salah satu aspek yang terpenting dalam proses pembelajaran sebagai alat menyampaikan materi atau pesan dalam proses belajar sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar bagi siswa special need sangatlah penting, agar mereka mudah menerima dan memahami materi yang disampaikan guru. Salah satu media pembelajaran yang paling cocok untuk siswa special need adalah media tiga dimensi berbentuk benda asli atau tiruan, contohnya adalah diorama. Diorama merupakan suatu kotak yang di dalamnya berisi tiruan pemandangan atau suatu benda yang lengkap dengan sesuatu yang berada di sekitarnya. Diorama biasanya digunakan dalam menggambarkan kejadian dan atau suatu proses supaya yang melihatnya tertarik untuk memahami isi tersebut.

Senin, 7 Agustus 2017, siswa special needs bersama guru membuat diorama hutan hujan tropis sebagai project untuk subjek pelajaran geografi. Siswa special need terlibat langsung dalam pembuatan diorama ini, mulai dari memilih tema, membuat rancangan diorama, memilih material yang akan digunakan hingga menyelesaikan detail dari diorama. Setelah menyelasaikan diorama, mereka secara bergiliran diminta untuk menjelaskan tentang diorama tersebut di depan kelas. Kegiatan ini bertujuan agar siswa special need lebih berkreatif dalam berekspresi, lebih mudah dalam memahami materi pelajaran khususnya pelajaran geografi, serta membuat mereka tidak bosan saat belajar di dalam kelas. (Annissa Rizqieyah)


Share :