OSIS SMP Madania, Pemimpin Intelek di Masa Depan

21:31:08, 10 November 2017 Himawari

OSIS sebagai orgainsasi intrasekolah dan juga bagian civitas akademika adalah bagian kelompok intelektual di sekolah. Sebagai kelompok intelektual, OSIS diharapkan memiliki penguasaan yang baik atas ilmu keorganisasian untuk selanjutnya memanfaatkan ilmu tersebut guna perkembangan kehidupan dirinya, maupun kehidupan di masyarakat pada umumnya. OSISmemiliki potensi sangat besar dalam perkembangan kehidupan bangsa, maka OSIS diperlukan sebagai sebuah ornagisasi intrasekolah sebagai penampung dan wadah keorganisasian yang dapat menjadi wahana siswa dalam mengembangkan bakat, kreasi, dan inovasinya. OSIS yang dimaksud di sini adalah OSIS yang berperan sebagai fasilitator bagi para siswa untuk meningkatkan kemampuannya sebagai kaum intelektual.

 

OSIS ini mempunyai peranan yang sangat berarti untuk membentuk kepribadian dan melatih kemampuan berorganisasi sebagai bekal untuk terjun ditengah kehidupan masyarakat kelak. OSIS sebagai bagian dari sekolah perlu memiliki arah, tujuan, dan sejumlah target. Secara umum arah, tujuan dan sejumlah target  tertuang dalam program kerja yang mengacu kepada:

  1.     Pancasila,
  2.     UUD 1945 Pasal 28,
  3.     UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003,
  4.     Permendiknas No. 39 tahun 2008, dan
  5.     Visi misi dan nilai-nilai Sekolah Madania

 

Hingga pada akhirnya bahwa segala sesuatu berupa amanah harus ada regenerasi atau penerus yang dapat melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan menuju OSIS SMP Madania yang lebih baik. Selain itu juga untuk membangun karakter siswa yang kuat dalam berorganisasi dan memiliki jiwa nasionalisme yang tangguh. Atas dasar regenerasi dan menyelaraskan cita-cita OSIS SMP Madania dengan visi dan misi Sekolah Madania, maka OSIS SMP Madania menyelenggarakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa 2017 yang digelar pada hari Jumat-Sabtu, 8-9 September 2017 bertempat di Sekolah Madania.

 

Adapun kegiatan ini, selain melatih para calon pengurus OSIS, juga melatih para calon anggota MPK SMP Madania yang kelak akan ikut mendampingi pengurus OSIS saat melaksanakan tugas-tugasnya. Untuk memenuhi nutrisi kepemimpinan yang harus didapatkan oleh para calon pengurus OSIS dan anggota MPK SMP Madania periode 2017-2018, maka disusunlah beberapa kegiatan yang dapat menunjang kebutuhan-kebutuhan tersebut.

 

Diikuti oleh 30 orang peserta calon pengurus OSIS dan 12 calon anggota MPK serta panitia sebanyak 20 orang dan didampingi oleh tujuh orang guru pendamping, kegiatan LDKS 2017 SMP Madania diisi dengan berbagai kegiatan yang sangat bermanfaat. Adapun kegiatan-kegiatannya adalah

  1.      Materi kepemimpinan,
  2.      Materi dasar keorganisasian,
  3.      Materi manajeman organisasi,
  4.      Materi persidangan untuk MPK,
  5.      Olah raga,
  6.      Masak, dan
  7.      Ibadah bersama.

 

Kegiatan-kegiatan tersebut diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta. Sebagai bekal menjalankan roda organisasi, menurut mereka kegiatan LDKS sangat penting untuk diberikan, bahkan jika bisa seharusnya LDKS diberikan kepada seluruh siswa baru kelas 7 agar mereka memiliki jiwa kepemimpinan sehingga tidak hanya pengurus OSIS ataupun anggota MPK yang memiliki jiwa kepemimpinan tapi juga seluruh civitas akademika SMP Madania.

 

Kegiatan LDKS 2017 selesai pada pukul 10.00 wib. Meski lelah dan kantuk menghinggapi tubuh para peserta, tapi dari mata mereka membara semangat untuk menjalankan roda organisasi lebih baik lagi. Jayalah OSIS dan MPK SMP Madania. (Anri Rachman, Pembina OSIS SMP Madania)

 


Share :