Madania Youth Camp 2018

14:18:47, 24 Oktober 2018 Muhamad Chori Zikrin

“Bangga Menjadi Generasi Muda Indonesia”

 

Madania Public Relations (24/10/2018) - Tercatat dalam sejarah bangsa Indonesia, motor penggerak kemajuan bangsa adalah para pemuda. Dimulai dari 90 tahun lalu, saat ikrar para pemuda digemakan dan membangkitkan kesadaran akan pentingnya bersatu dalam satu bangsa, nusa, dan bahasa. Kebanggaan akan tanah air kita Indonesia juga menjadi faktor penting dalan meraih cita-cita bangsa serta mempertahankan kedaulatan bangsa. Seiring dengan hal tersebut dibutuhkan kesiapan sikap serta keterampilan anak bangsa yang mendukung.

Dikutip dari “Global Competitiveness Index  Report 2018” yang dirilis World Economic Forum pada Oktober 2018, Indonesia menunjukkan kemajuan yang berarti dengan meraih dua peringkat lebih tinggi dari tahun 2017 terkait index daya saing di dunia global dari 140 negara, diatas Filipina (56), India (58), Turki (61), dan Brasil (72). Beberapa indikator yang diteliti adalah kesiapan teknologi informasi dan komunikasi, keterampilan, pangsa pasar, juga pasar tenaga kerja, selain indikator lainnya.

Sekolah Madania menyadari sekali pentingnya peranan sekolah/institusi pendidikan dalam mempersiapkan generasi muda penerus bangsa untuk mengikuti persaingan global yang semakin ketat. Penduduk muda yang mendominasi populasi selaknya disiapkan sebagai generasi terampil yang akan semakin membuat daya saing negara secara signifikan meningkat. Generasi terampil sesuai dengan kebutuhan pasar akan menjadi faktor penentu kelangsungan kemajuan bangsa.

Atas dasar pemikiran tersebut, Sekolah Madania mengadakan kegiatan “Madania Youth Camp 2018” dengan mengangkat tema “Bangga Menjadi Generasi Muda Indonesia”. Kegiatan yang diikuti oleh siswa kelas 6 hingga kelas 9 juga siswa kelas 10 dari Sekolah Madania dan beberapa sekolah undangan akan diselenggarakan di Sekolah Madania pada hari Jumat – Sabtu, 26-27 Oktober 2018 mulai pukul 15.00 Jumat sore hingga 13.00 pada keesokan harinya. Akhir pekan minggu keempat dalam bulan Oktober 2018 ini akan menjadi titik perjuangan sebagian generasi muda bangsa untuk menjadi pribadi yang bangga pada bangsanya, terampil dan siap berkompetisi di dunia global.

Kegiatan ini mengusung beragam agenda workshop paralel yang dapat dipilih dan diikuti siswa, yakni Wawasan Kemaritiman (Maritime for Youth), Teknis Menulis Reportase, Komunikasi Publik, Fotografi, Videografi, Media dan Publikasi serta Seni Komunikasi Visual. Agenda lain yang telah dirancang adalah konser kebangsaan yang akan mewarnai kegiatan malam yang dihangatkan dengan api unggun yang menyertai kebersamaan para peserta. Seluruh rangkaian kegiatan akan diakhiri dengan para siswa melakukan pameran hasil karya yang telah mereka buat selama kegiatan workshop serta melakukan pembacaan Ikrar Pelajar Indonesia.

Jiwa kepemimpinan yang merupakan potensi setiap individu perlu disiapkan dengan matang. Mental serta perilaku dan keterampilan yang sesuai dengan jamannya akan membawa perubahan yang dibutuhkan Indonesia di masa mendatang. Sekolah Madania secara konsisten akan turut serta menyiapkan generasi perubahan Indonesia menjadi lebih baik dan unggul. Dibutuhkan pemimpin-pemimpin baru yang bangga atas kemajuan bangsanya dengan memberikan kontribusi positif serta melakukan perubahan agar asa Indonesia selalu bergerak maju tak akan padam.

 

Public Relations Office

Sekolah Madania

Perum Telaga Kahuripan, Kemang

Bogor​ 16330​, Jawa Barat, ​Indonesia

Telp: ​+62-​251-8602777​ ekt 107; Fax: +62-251-8604777


Share :