Madania Festival 2019

07:28:08, 11 Februari 2019 Muhamad Chori Zikrin

“BAHASAKU, JIWA BANGSAKU”

Madania Public Relations, 15/02/2019 – Memperingati hari jadinya yang ke-23, Sekolah Madania menyelenggarakan Madania Festival 2019 yang akan berlangsung pada tanggal 21 – 27 Februari 2019. Kegiatan yang juga bertepatan dengan Hari Bahasa Ibu Internasional ini mengangkat tema “Bahasaku, Jiwa Bangsaku” dengan slogan ‘Bersatu dalam Perjalanan Budaya’. Tema ini tercermin di setiap kegiatan yang dirangkai untuk menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme generasi muda yang mencintai bangsa dan bahasanya serta menjunjung nilai luhur dan tradisi Indonesia. Adapun rangkaian kegiatan Madania Festival 2019 yaitu Permainan Tradisional Nusantara, Gerakan Madania Cinta, Pameran Intelektual, Pergelaran Budaya Agama dan Pentas Drama.

Rangkaian acara akan dimulai pada tanggal 21 Februari dengan penyelenggaraan kegiatan Permainan Tradisional Nusantara sebagai usaha untuk melestarikan warisan budaya bangsa. Seluruh komunitas Sekolah Madania akan berpartisipasi dalam kegiatan ini dan terlibat dalam beragam permainan tradisional yang disiapkan. Beberapa di antaranya adalah congklak, gatrik, engklek, gobak sodor, gasing, dan layang-layang. Selain bermain permainan tersebut, para peserta juga akan mengikuti kegiatan workshop pembuatan layang-layang dan menghias layang-layang.

Gerakan Madania Cinta (Gema Cinta) sebagai kegiatan selanjutnya dilaksanakan pada tanggal 22 dan 25 Februari 2019. Acara ini merupakan bentuk kepedulian siswa, guru, orang tua, dan tenaga kependidikan Sekolah Madania kepada masyarakat sekitar. Adapun rangkaian agendanya adalah menyumbang buku bacaan ke taman baca/sekolah, mendukung kegiatan literasi dengan mengadakan program DEAR (Drop Everything and Read) dan mini workshop, serta menyelenggarakan bazar barang bekas berkualitas dan sunatan masal.

 

Puncak acara Madania Festival 2019 ini diselenggarakan pada hari Rabu, 27 Februari 2019 dan dimeriahkan dengan pertunjukan Drama: Fragmen Perjuangan Pangeran Diponegoro. Drama yang dilakoni oleh para murid ini mengusung semangat patriotisme dan nasionalisme yang menceritakan bagaimana Pangeran Diponegoro dan rakyatnya memperjuangkan Indonesia dan mencintai bangsa ini dengan segenap jiwa raga. Kegiatan ini juga diwarnai dengan Pergelaran Budaya Agama yang menampilkan ragam kebudayaan setiap agama sebagai wawasan dan pengalaman baru yang kental menjunjung kebhinekaan dan mencerminkan nilai-nilai kemadaniaan. Selanjutnya, Pameran Intelektual akan menjadi kegiatan yang mengakhiri rangkaian Madania Festival 2019. Pameran ini memajang hasil final paper murid SMA, personal project murid SMP, dan class project murid SD Madania.

 

Perayaan Hari Ulang Tahun ke-23 Sekolah Madania dengan diselenggarakannya Madania Festival 2019 semoga dapat memperkuat sinergisitas antara seluruh civitas Sekolah Madania yaitu siswa, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, serta orang tua agar dapat menunjukkan peran sertanya dalam mewujudkan komunitas pembelajar yang menjunjung keadilan dan kebhinekaan.

 

Public Relations Office

Sekolah Madania

Perum Telaga Kahuripan, Kemang

Bogor​ 16330​, Jawa Barat, ​Indonesia

Telp: ​+62-​251-8602777​ ekt 107; Fax: +62-251-8604777


Share :