KEGIATAN PERKEMAHAN JUMAT-SABTU PERJUSA 2017

14:29:53, 27 Maret 2017 Administrator

Madania News Edisi 19/I/2016-2017 - Pada Hari Jumat-Sabtu tanggal 6-7 Januari 2017, Sekolah Madania telah mengadakan kegiatan Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusa). Kegiatan Perjusa kali ini diikuti oleh siswa SMP dan SMA, dengan rincian sebagai berikut:

  • Kelas 8 dan 9: 74 siswa,
  • Kelas 11: 62 siswa
  • Total peserta: 136 siswa

Perjusa kali ini diadakan di sebuah kawasan perbukitan di daerah Sentul, yaitu di Sentul Eco-edu Tourism Forest.  Sebuah lokasi perkemahan di tengah hutan pinus dan terdapat aliran sungai berbatu dan air yang cukup jernih. Didukung dengan cuaca yang cukup cerah, kegiatan Perjusa kali ini berlangsung dengan aman dan lancar.

Dimulai dengan acara pembukaan dan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mempererat kebersamaan, kekompakan, kepedulian, tolong-menolong, dan untuk melatih kemandirian sera kemampaun untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain:

Mendirikan tenda, Masak bersama, Sholat berjamaah

Jelajah malam, sambil mempelajari materi kepramukaan, seperti: baris-berbaris, Dasa dharma, sandi morse, sandi kotak, dan semaphore. Acara malam tersebut ditutup dengan kegiatan api unggun sambil menikmati cemilan khas di perkampungan, seperti kacang rebus, jagung rebus, singkong, talas, dan minuman teh dan bandrek. Seluruh peserta terlihat sangat senang menikmati indahnya suasana malam dengan hiasan bintang di langit.

Keesokan harinya, kegiatan dimulai dengan sholat subuh bersama yang dilanjutkan dengan olahraga pagi, dan sarapan pagi. Sekitar jam 07.30, seluruh peserta melakukan jelajah hutan dan menyusuri sungai. Sepanjang perjalanan peserta melakukan community services dengan membersihkan sampah-sampah nonorganik. Kegiatan jelajah pagi ini berakhir sekitar pukul 09.30. Setelah kegiatan ini peserta beristirahat sambil merapikan barangnya masing-masing dan bersih-bersih.  Sekitar pukul 10.30 dilakukan acara penutupan dan semua peserta meninggalkan lokasi.

Alhamdulillah, berkat rahmat dan lindungan Allah SWT, seluruh peserta dan panitia diberikan kesehatan, kekuatan, dan bisa kembali ke rumahnya masing-masing dengan selamat. (Nono Permana


Share :