HIDUP DENGAN SIKAP MULIA: RENDAH HATI, SEDERHANA DAN HEMAT

08:01:40, 20 Oktober 2017 Himawari

MadNews Edisi 9/IX/2017-2018 - Pada minggu ke-9, siswa-siswi kelas VIII dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) belajar tentang sikap rendah hati, sederhana dan hemat sesuai dengan yang diajarkan oleh Al-Qur’an dan Hadis. Sumber materi yang dipelajari antara lain; Q.S. al-Furqan/25:63 tentang sikap rendah hati, Q.S. al-Isra’/17:27 tentang sikap hemat serta Hadis Nabi Muhammad SAW tentang sikap sederhana. Setelah belajar membaca ayat-ayat al-Qur’an dan hadis terkait, siswa bermain role play tentang bagaimana bersikap rendah hati, sederhana dan hemat.

Siswa-siswi dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tema yang berbeda-beda. Setiap kelompok akan bermain peran sesuai dengan temanya masing-masing. Kelompok pertama akan bermain peran tentang “Bagaimana bersikap rendah hati di sekolah.” Kelompok kedua akan bermain peran tentang “bagaimana bersikap sederhana di tempat umum.” Kelompok ketiga akan bermain peran tentang “Bagaimana bersikap hemat di rumah.” Mereka terlihat sangat antusias ketika melakukan kegiatan role play tersebut.

Ketiga sikap mulia ini sangatlah penting untuk kehidupan sehari-hari, karena akan membuat kehidupan manusia menjadi lebih damai, tenang dan tentram. Maka, melalui kegiatan role play ini, diharapkan siswa-siswi benar-benar dapat menenampilkan  perilaku rendah hati, hemat dan sederhana dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari Q.S. al-Furqan/25:63 dan Q.S. al-Isra’/17:27 dan hadis terkait.(Wuwun Khoirun Nisya)

 


Share :