CINTA SHALAT BERJAMAAH

14:26:53, 06 Oktober 2017 Himawari

MadNews Edisi 8/IX/2017-2018

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

“Shalat berjamaah itu lebih utama daripada shalat sendirian dengan 27 derajat.” HR. Bukhari

 

Setelah minggu sebelumnya belajar dan praktik thaharah, minggu ini pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, kelas 7 belajar tentang keutamaan, ketentuan, tata-cara dan hikmah shalat berjamaah. Materi ini diberikan untuk memupuk kecintaan terhadap shalat berjamaah yang selain berdimensi ritual, juga memiliki dimensi sosial. Shalat berjamaah adalah salah satu wujud nyata kesalihan ritual dan sosial sekaligus. Hadits Rasulullah saw. di atas memberikan motivasi yang besar bagi umat islam untuk senantiasa shalat berjamaah.

Kegiatan belajar tentang materi shalat berjamaah diawali dengan pemaparan hadits-hadits Rasulullah saw. tentang perintah dan anjuran shalat berjamaah serta kisah-kisah penuh hikmah tentang orang-orang shalih yang cinta shalat jamaah. Selanjutnya siswa mengeksplorasi ketentuan, tata-cara dan hikmah shalat berjamaah dengan berdiskusi. Pembelajaran tentang shalat jamaah ini juga dipraktikkan dalah shalat zhuhur berjamaah sehari-hari di sekolah. Untuk menambah wawasan, siswa melakukan wawancara dengan beberapa orang guru/karyawan seputar pengetahuan dan praktik mereka sehari-hari dalam shalat berjamaah. Termasuk upaya mereka dalam membiasakan keluarga melaksanakan shalat berjamaah.

Alhamdulillah, kegiatan belajar dapat berjalan dengan baik. In sya Allah materi shalat jamaah ini tidak hanya berhenti sebagai sebuah pengetahuan, namun menjadi praktik yang terbiasa dilakukan oleh, khususnya, siswa kelas 7 dan umumnya oleh seluruh civitas akademika Madania. Amin. (Misbahul Huda)


Share :